NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM KITAB AL-AKHLAQ LIL BANIN JILID II KARYA SYAIKH UMAR BIN AHMAD BARAJA

ARIF MUSTOFA, 17201163026 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM KITAB AL-AKHLAQ LIL BANIN JILID II KARYA SYAIKH UMAR BIN AHMAD BARAJA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kedudukan dari pendidikan akhlaq itu sendiri dalam kehidupan manusia sangatlah penting dan urgen, sebab ketika bermasyarakat aspek akhlaq merupakan aspek yang paling menonjol dan pokok pada segi kehidupan sosial. Keadaan yang seperti ini, oleh masyarakat pada akhirnya dijadikan tolok ukur pokok terbentuknya akhlaq yang baik. Tolok ukur akhlaq yang baik akhirnya diilhami sebagai kesejahteraan lahir dan batin sedangkan apabila akhlaq itu rusak maka rusak pulalah lahir dan batinnya.Oleh karena hal inilah yang menjadikan penulis lebih termotivasi untuk mengkaji lebih mendalam berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan akhlaq yang terkandung pada kitab al-Akhlaq lil Banin Jilid II. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan konsep-konsep pendidikan akhlaq yang terkandung didalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Jilid II karya Syaikh Umar Bin Ahmad Baraja.(2) Mendeskripsikannilai-nilai akhlaq yang terkandung didalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Jilid II karya Syaikh Umar Bin Ahmad Baraja.(3)Mendeskripsikan metode penanaman nilai-nilai akhlaq dalam diri anak menurut Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Jilid II karya Syaikh Umar bin Ahmad Baraja. Pendekatan penelitian yang dipakai oleh peneliti ialah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis pendekatan pada penelitian yang dipakai peneliti kali ini adalah studi pustaka dengan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan (1) Menyiapkan perlengkapan (2) Menyusun bibliografi kerja (3) mengatur waktu, dan (4) membaca dan membuat catatan penelitian. Teknik Analisis data yang peneliti gunakan adalah (1) menelaah secara menyeluruh data dari berbagai sumber (2) mereduksi data dengan membuat abstraksi (3) menyusun kedalam satuan-satuan (4) Pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlaq adalah (1) pembiasaan pendidikan akhlaq dimulai sejak kecil (2) pentingnya pendidikan akhlaq (3) pendidikan akhlaq lebih mudah diterapkan bagi anak-anak. Adapun nilai-nilai pendidikan akhlaq yang terkandung didalam kitab Al-Akhlaq lil Banin Jilid II Karya Syaikh Umar bin Ahmad Baraja meliputi Religius, birrul walidain, sopan santun, toleransi, dermawan, berbuat baik kepada teman (ihsan), dan rendah hati. Pendidikan akhlaq tersebut melingkupi akhlaq kepada khaliq (pencipta) yaitu Allah SWT, dan akhlaq kepada makhluq yaitu sesama manusia, Rasulullah SAW, orang tua, saudara, kerabat, guru, tetangga, teman, pembantu, dan alam sekitar. Metode atau cara yang ditempuh dalam penanaman nilai akhlaq menurut kitab Al�Akhlaq lil Banin Jilid II Karya Syaikh Umar bin Ahmad Baraja ini terdiri dari metode pembiasaan, metode ‘ibrah dan mau’idhoh, metode kisah, metode targhib wa tarhib, dan metode keteladanan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163026 Arif Mustofa
Date Deposited: 05 May 2021 06:23
Last Modified: 05 May 2021 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19371

Actions (login required)

View Item View Item