PENANAMAN BUDAYA DISIPLIN DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

ILMA SHUFI TAHNIA AWALIN, 17205163067 (2020) PENANAMAN BUDAYA DISIPLIN DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (920kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Budaya Disiplin dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa di MIN 4 Tulungagung” ditulis oleh Ilma Shufi Tahnia Awalin, NIM 17205163067, pembimbing Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: Penanaman, Budaya Disiplin, Akhlakul Karimah Penanaman budaya disiplin adalah suatu usaha untuk meningkatkan pembiasaan diri dalam menaati atau mematuhi peraturan dan ketentuan yang telah diterapkan dengan cara mengendalikan diri agar tidak melakukan pelanggaran yang dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap sehingga akan terbentuk atau tertanam kuat pada pribadi siswa. Hasil yang diharapkan dari penanaman budaya disiplin ini adalah dapat membentuk akhlakul karimah siswa. Akhlakul karimah yang diharapkan dari penanaman budaya disiplin ini adalah kepribadian muslim. Pertanyaan penelitian adalah: (1) Apa bentuk-bentuk budaya disiplin dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana proses penanaman budaya disiplin dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MIN 4 Tulungagung? (3) Apa hambatan dan solusi penanaman budaya disiplin dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MIN 4 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, dan review informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk budaya disiplin yaitu disiplin mengumpulkan tugas tepat waktu, datang ke sekolah tepat waktu, berseragam rapi dan lengkap, shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, mengaji bersama, menerapkan 3S (senyum salam, dan sapa). (2) proses penanaman budaya disiplin ada tiga langkah yaitu Perencanaan, yaitu kepala sekolah beserta guru dan staf karyawan mempersiapkan konsep budaya disiplin yang akan dikembangkan berupa aturan-aturan yang akan diterapkan. Pelaksanaan, yaitu mengimplementasikan budaya disiplin pada setiap kegiatan disekolah. Evaluasi, yaitu mengevaluasi pelaksanaan upaya pengembangan budaya disiplin dan penetapan sikap serta perilaku disiplin yang sudah tercipta menjadi norma yang benar (3) hambatannya yaitu ada satu atau dua siswa yang bandel dan merasa paling benar, siswa datang ke sekolah tidak tepat waktu, karena faktor dari luar siswa seperti terlambat mengantar. Soluslinya yaitu selalu mengingatkan kebaikan kepada siswa agar jiwa kedisiplinannya mulai tertanam sejak dini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163067 ILMA SHUFI TAHNIA AWALIN
Date Deposited: 04 May 2021 04:42
Last Modified: 04 May 2021 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19369

Actions (login required)

View Item View Item