PENGELOLAAN DANA DESA BERDASARKAN UU NO. 6 TAHUN 2014 DAN FIQIH SIYASAH MALIYAH (Studi Kasus Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

RIZKA NURKHABIB, 17104153017 (2019) PENGELOLAAN DANA DESA BERDASARKAN UU NO. 6 TAHUN 2014 DAN FIQIH SIYASAH MALIYAH (Studi Kasus Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengelolaan Dana Desa Berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014 dan Fiqih Siyasah Maliyah (Studi kasus Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Rizka Nurkhabib, NIM. 17104153017, pembimbing Dr. Hj. Nur Fadhilah, S.H.I., M.H. Kata Kunci: Pengelolaan Dana Desa, UU No. 6 Tahun 2014, Fiqih Siyasah Maliyah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar desa kurang terbuka dalam pengelolaan dana desa. Akibatnya, potensi terjadinya penyalahgunaan dana menjadi sangat besar karena masyarakat kesulitan mengontrol pengelolaan dana desa. Bagaimana bisa mengawasi jika masyarakat tidak paham program apa saja yang akan dijalankan. Bukan hanya rentan korupsi tetapi membuat partisipasi masyarakat terhadap pembangunan desanya menjadi lemah. Pemerintah desa seperti berjalan sendiri dan masyarakat menjadi tidak peduli. Akibatnya, desa berkembang dengan lambat dan tidak terstruktur dengan baik. Fokus menelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pengelolaan dana desa di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana pengelolaan dana desa di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014? (3) Bagaimana pengelolaan dana desa di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung berdasarkan Fiqih Siyasah Maliyah?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana desa di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (2) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana desa berdasarkan UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (3) Untuk Mengetahui bagaimana pengelolaan dana desa berdasarkan Fiqih Siyasah Maliyah di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah lapangan (field research) dan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan Dana Desa di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dalam perencanaan belum sepenuhnya melibatkan masyarakat, sehingga partisipasi masyarakat kurang, serta laporan pertanggungjawaban yang belum efisien karena kurangnya pembinaan dari pemerintah kecamatan. (2) Pengelolaan Dana Desa di Desa Balesono belum sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2014 karena pengelolaan dana desa yang terhambat karena lamanya pencairan dana desa, laporan pertanggungjawaban yang kurang efisien dan kurangnya partisipasi masyarakat. (3) Pengelolaan Dana Desa di Desa Balesono berdasarkan Fiqih Siyasah Maliyah belum sepenuhnya sesuai kaidah-kaidah Fiqih Siyasah Maliyah sehingga kurang dapat mewujudkan kemaslahatan, kesejahteraan dan kurang koordinasi dengan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: S1 17104153017 RIZKA NURKHABIB
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:35
Last Modified: 28 Apr 2021 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19360

Actions (login required)

View Item View Item