GALIH NUR PERMADI, 17205163176 (2020) PENGARUH ALAT PERAGA POHON BILANGAN DAN TANGGA PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Alat Peraga Pohon Bilangan dan Tangga Pintar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Keas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung” ini ditulis oleh Galih Nur Permadi, NIM 17205163176, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto, S. Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Alat Peraga, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi karena masih dijumpai siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran di kelas ketika guru menjelaskan materi pelajaran karena kurangnya inovasi dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Maka diharapkan guru mampu membuat inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika, sehingga hasil belajar dapat diperoleh secara maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh alat peraga pohon bilangan terhadap hasil belajar matematika kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung? 2) Adakah pengaruh alat peraga tangga pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung? 3) Adakah pengaruh alat peraga pohon bilangan dan tangga pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan Quasi Experiment. Metode pengumpulan data ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan sampel yaitu 48 siswa kelas II SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Metode pengambilan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan uji Independent Sampel t-Test dan Uji Paired Samle t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara alat peraga pohon bilangan terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara alat peraga tangga pintar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara alat peraga pohon bilangan dan tangga pintar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163176 GALIH NUR PERMADI |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 06:41 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 06:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19359 |
Actions (login required)
View Item |