PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELAUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (STUDI MULTIKASUS DI SMP PGRI 2 PANGGUL DAN MTSN 3 TRENGGALEK)

ASIM FU’ADI, 17506164014 (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELAUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (STUDI MULTIKASUS DI SMP PGRI 2 PANGGUL DAN MTSN 3 TRENGGALEK). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis degan judul “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan dan Keteladanan (Studi Multikasus di SMP PGRI 2 Panggul dan MTsN 3 Trenggalek),” ini ditulis oleh Asim Fu‟adi (NIM. 17506164014) dengan dibimbing Dr. H. As‟aril Muhajir, M.Ag dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata kunci: Pembentukan Karakter, Pembiasaan dan Keteladanan Mengingat pentingnya tentang karakter dalam pembiasaan dan keteladanan, baik dalam penalaran, dan pembentukan sifat pribadi pesertadidik, maupun dalam penguasaan, penerapan, dan keterampilan pendidikan keagamaan, maka sudah seharusnya bahwa proses pembelajaran keagamaan perlu perhatian secara serius, diantaranya pembentukan karakter dengan melalui pembiasaan dan keteladanan. Pendidikan keagamaan dapat membekali pesertadidik dengan kecakapan hidup yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan dan kebutuhan pesertadidik. Fokus penelitiannya adalah pembentukan karakter siswa melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP PGRI 2 Panggul dan MTsN 3 Trenggalek. Pertanyaan penelitiannya adalah: 1) Bagaimana teknik pembentukan karakter siswa melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP PGRI 2 Panggul dan MTsN 3 Trenggalek?, 2) Bagaiamana implementasi dalam pembentukan karakter siswa melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP PGRI 2 Panggul dan MTs Negeri 3 Trenggalek?, 3) Bagaimana implikasi dalam pembentukan karakter siswa melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP PGRI 2 Panggul dan MTs Negeri 3 Trenggalek? Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multikasus, lokasi penelitian di SMP PGRI 2 Panggul dan MTsN 3 Trenggalek. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dan pengecekan kebsahan data yang digunakan dengan menggunakan diskusi sejawat, triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian: 1) Teknik pembentukan karakter siswa dengan membiasakan disiplin dalam beribadah, rendah hati untuk selalu ingat terhadap sang pencipta, membiasakan dalam perbuatan yang sesuai dengan hukum agama, dan juga keteladanan dalam akhlakul karimah dan uswatun hasanah. 2) dalam membentuk karakter didua lembaga ini untuk keseharian hampir sama, yaitu untuk perempuan selalu munutup kepala dan pakaian panjang, dan yang laki-laki berpakaian panjang. 3) Pembiasaan dan ketelanan dilakukan dengan kegiatan harian, pembiasaan dan keteladanan dapat membentuk kepribadian peserta didik yang qur‟ani.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164014 ASIM FU’ADI
Date Deposited: 27 Apr 2021 05:48
Last Modified: 27 Apr 2021 05:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19355

Actions (login required)

View Item View Item