KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SETELAH MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA KELAS XI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK

LUSI ERI DESTIANI, 17204163230 (2020) KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SETELAH MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA KELAS XI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Trigonometri setelah melalui Proses Pembelajaran Daring pada Kelas XI SMA Negeri 2 Trenggalek”, ini ditulis oleh Lusi Eri Destiani, NIM 17204163230, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Matematika, Memecahkan Masalah, Pembelajaran Daring, Trigonometri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi pandemi covid-19 yang mewajibkan semua pihak sekolah untuk menerapkan pembelajaran secara daring, yang otomatis sebagian besar siswa mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal pemecahan masalah matematika. Kesulitan yang dihadapi siswa ketika menyelesaikan pemecahan masalah sangat beragam, antara lain kesulitan dalam memahami soal, menerjemahkan informasi dalam soal untuk menyusun rencana penyelesaian, bingung dalam langkah penyelesaian, bahkan hanya sebagian siswa yang akan melihat jawabannya kembali untuk diteliti. Cara siswa dalam mengatasi kesulitan tersebut merupakan kemampuan matematika yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah secara berbeda-beda. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pemecahan masalah Trigonometri pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Trenggalek yang memiliki kemampuan matematika tinggi setelah melalui proses pembelajaran daring; 2) Mendeskripsikan pemecahan masalah Trigonometri pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Trenggalek yang memiliki kemampuan matematika sedang setelah melalui proses pembelajaran daring; 3) Mendeskripsikan pemecahan masalah Trigonometri pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Trenggalek yang memiliki kemampuan matematika rendah setelah melalui proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dimulai dengan melihat hasil ujian akhir semester mata pelajaran matematika. Setelah menggunakan perhitungan maka didapatkan subjek yaitu 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes pemecahan masalah dan wawancara. Tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi indikator pemecahan masalah dan mampu menjelaskan setiap proses pemecahan masalah dengan baik; 2) siswa berkemampuan matematika sedang mampu memenuhi sebagian indikator pemecahan masalah dan mampu menjelaskan sebagian proses pemecahan masalah; dan 3) siswa berkemampuan matematika rendah tidak mampu memenuhi indikator pemecahan masalah bahkan tidak mampu menjelaskan dengan baik dan benar proses pemecahan masalah tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163230 LUSI ERI DESTIANI
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:12
Last Modified: 27 Apr 2021 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19346

Actions (login required)

View Item View Item