DEFRAGMENTING STRUKTUR BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH VERBAL BENTUK ALJABAR KELAS VIII-F DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK

MOCHAMAD FAJAR ANGGARA, 17204163107 (2020) DEFRAGMENTING STRUKTUR BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH VERBAL BENTUK ALJABAR KELAS VIII-F DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (496kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (802kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (777kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Defragmenting Struktur Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Verbal Bentuk Aljabar Kelas Viii Di Smpn 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagungditinjau Dari Kemampuan Akademik” ini ditulis oleh Mochamad Fajar Anggara, NIM. 17204163107, pembimbing Dr. Maryono, M. Pd. Kata Kunci : Defragmenting, Struktur Berpikir, Menyelesaikan Masalah, Verbal, Aljabar Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang kesalahan struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Verbal Bentuk Aljabar serta upaya defragmentingnya. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VIII-F SMPN 1 Sumbergempol yang telah menempuh materi Aljabar. Subjek penelitian dipilih dengan mempertimbangkan kesalahan prosedural yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan masalah serta kemampuan komunikasi yang baik agar pengungkapan proses berpikir dapat dilakukan dengan baik. Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang mengalami permasalahan dalam mengerjakan soal matematika utamanya dalam soal matematika yang memerlukan pemahaman mendalam seperti comtoh masalahmasalah verbal. Dalam mengerjakan soal yang membutuhkan prosedur yang teliti ini banyak siswa yang mengalami kesalahan prosedur dalam menyelesaikan soal tersebut. Kesalahan prosedur ini disebabkan kurangnya koneksi materi yang telah mereka pelajari dengan materi yang sedang mereka pelajari sekarang. Kurangya koneksi ini berasal dari struktur berpikir siswa yang masih kurang tertata secara rapi dan masih terlihat acak-acakan. Restrukturisasi berpikir sangat diperlukan dalam hal mengatasi masalah seperti itu. Defragmenting lebih dikenal dengan restrukturisasi berpikir dapat mengatasi struktur berpikir yang masih kurang tertata. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui defragmenting struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan maslah verbal bentuk aljabar. Pendekatan yang digunakan dalan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian Studi Kasus, peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data serta mengamati. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara mendalam serta 3) Dokumentasi sebagai data pemdukung. Teknik pengumpulan analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian defragmenting yang sesuai untuk menata ulang struktur berpikir siswa adalah dengan tahap disequilibrasi (memberikan intervensi dan refleksi materi yang telah dipelajari), conflict cognitive (pertentangan konsep siswa dengan konsep ilmiah), scaffolding (pemberian bantuan dan pembentukan koneksi dalam struktur berpikir siswa). Keempat subyek dalam penelitian memberikan respon yang berbeda pada saat peneliti memberikan defragmenting atau restrukturisasi. Walaupun masing-masing respon berbeda, tetapi dengan pemberian defragmenting dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163107 MOCHAMAD FAJAR ANGGARA
Date Deposited: 25 May 2021 05:51
Last Modified: 25 May 2021 05:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/19342

Actions (login required)

View Item View Item