ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN KATA DEPAN DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII C MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

KHANSA ADILA, 17210163020 (2021) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN KATA DEPAN DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII C MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Kata Depan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII C MTs Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Khansa Adila, NIM. 17210163020, pembimbing Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Kesalahan Penggunaan Huruf kapital, Kata Depan, Karangan Narasi Kesalahan berbahasa menjadi bagian yang tak luput dari kegiatan menulis. Kesalahan-kesalahan tersebut dalam ragam tulis didominasi oleh penggunaan ejaan. Berdasarkan hasil pengamatan, fakta yang ada di lapangan menunjukkan pentingnya perhatian khusus dalam menerapkan kaidah ejaan yang baik dan benar dalam bahasa tulis. Bentuk kesalahan penggunaan ejaan yang paling sering muncul berupa kesalahan penggunaan huruf kapital dan kata depan dalam karangan narasi siswa kelas VIII C MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan huruf kapital dan kata depan, serta mendeskripsikan penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan kata depan dalam karangan narasi siswa kelas VII C MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yang didukung dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik observasi yang dilakukan, yaitu observasi pasif (passive observation) dan teknik wawancara yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini, yaitu menggunakan triangulasi teknik. Triangulasi teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi membandingkan temuan penelitian dengan observasi dan hasil wawancara. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan ketidak tepatan penggunaan huruf kapital secara keseluruhan terdapat 102. Adapun jenis bentuk ketidak tepatan penggunaan huruf kapital yaitu (1) huruf kapital sebagai huruf pertama pada awal kalimat terdapat 40 (2) huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan terdapat 57 (3) huruf kapital dipakai pada awal kalimat dalam petikan langsung terdapat 2 (4) huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi terdapat 3. Ketidak tepatan penggunaan kata depan atau preposisi tunggal berupa kata dasar secara keseluruhan terdapat 30. Kata depan atau preposisi tunggal berupa kata dasar di sebanyak 21 kesalahan dan 1 kekeliruan, sedangkan preposisi tunggal berupa kata dasar ke sebanyak 5 kesalahan dan 3 kekeliruan. Adapun penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan kata depan terdapat 3 poin, motivasi belajar sebagian siswa tergolong rendah, kurangnya referensi terkait penggunaan ejaan yang baik dan benar, dan kurangnya perhatian khusus dalam menyampaikan materi terkait penggunaan ejaan yang baik dan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Narasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163020 Khansa Adila
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:08
Last Modified: 01 Nov 2021 05:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19327

Actions (login required)

View Item View Item