ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TEKS NARASI BUKU SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KELAS VII

NUNIK PURWANTI, 17210163052 (2020) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TEKS NARASI BUKU SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KELAS VII. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (667kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (300kB)

Abstract

ABSTRAK Nunik Purwanti. NIM 17210163052. Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Teks Narasi Buku Siswa dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VII. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: pendidikan karakter, teks narasi, buku siswa. Pada zaman modern ini, banyak terjadi penurunan moral pada generasi penerus bangsa. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya kenakalan remaja yang terjadi seperti penyalahgunaan obat terlarang (Narkoba), seks bebas, perundungan, penjemabretan yang dilakukan oleh anak di bawah umur, dan lain lain. Maka perlu adanya tindakan tegas dan penanaman nilai karakter yang harus dilakukan oleh berbagai pihak salah satunya guru. Banyak media yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai pendidikan karakter salah satunya yaitu karya sastra. Pada penelitian ini, akan dianalisis nilai karakter yang terdapat dalam teks narasi buku siswa bahasa Indonesia edisi revisi 2017 kelas VII. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana nilai pendidikan karakter peduli sosial, menghargai prestasi, disiplin, dan rasa ingin tahu pada teks narasi buku siswa dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas VII. Sesuai fokus penelitian tujuan penelitian pada skripsi ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan karakter peduli sosial, menghargai prestasi, disiplin, dan rasa ingin tahu pada teks narasi buku siswa dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari teks narasi pada buku siswa bahasa Indonesia edisi revisi 2017 kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan cara membaca dan mencatat. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 27 bentuk nilai pendidikan karakter, diantaranya 6 bentuk nilai karakter peduli sosial dengan indikator a) kemampuan untuk bersikap mau memberikan pertolongan terhadap penderitaan orang lain, b) kemampuan kesadaran siswa untuk bersikap rela berkorban dalam memberikan pertolongan dalam bentuk apapun terhadap penderitaan orang lain, dan c) kemampuan dalam bersikap ikut merasakan penderitaan orang lain. Nilai karakter menghargai prestasi terdapat 5 bentuk dengan indikator a) memberikan apresiasi terhadap prestasi yang dicapai orang lain, b) rajin belajar untuk berprestasi tinggi, dan c) mensyukuri prestasi yang diraih dengan memberikan kontribusi untuk kemaslahatan bangsa, negara, dan agama. Nilai karakter disiplin terdapat 11 bentuk dengan indikator a) disiplin waktu, b) membiasakan mematuhi aturan, c) disiplin sikap, dan d) membiasakan hadir tepat waktu. Nilai karakter rasa ingin tahu terdapat 5 bentuk dengan indikator a) siswa mampu merespon secara positif terhadap unsur-unsur yang baru, aneh, tidak layak, dan misterius di lingkungan mereka dengan cara mendekati, memeriksa, ataupun memperhatikannya, dan b) siswa memperlihatkan kebutuhan atau keinginan yang tinggi untuk mengetahui tentang dirinya dan lingkungannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163052 NUNIK PURWANTI
Date Deposited: 13 Apr 2021 03:01
Last Modified: 13 Apr 2021 03:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/19292

Actions (login required)

View Item View Item