ANALISIS SOAL MATEMATIKA DALAM BUKU TEKS SISWA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 KELAS VIII SEMESTER 1 TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN DIMENSI KOGNITIF DARI TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS)

NASHRULLOH, 17204163237 (2020) ANALISIS SOAL MATEMATIKA DALAM BUKU TEKS SISWA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 KELAS VIII SEMESTER 1 TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN DIMENSI KOGNITIF DARI TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Soal Matematika Dalam Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas VIII Semester I Terbitan Kemendikbud Berdasarkan Dimensi Kognitif Dari Trends In International Mathematics And Science Study (TIMSS)” ini ditulis oleh Nashrulloh, NIM 17204163237, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tadris dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Nur Cholis, SPd.I, MPd. Kata Kunci : Analisis soal, Buku siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017, Dimensi kognitif, TIMSS. Penelitian ini dilatar belakangi hasil laporan dari TIMSS yang menunjukkan rendahnya kemampuan matematika peserta didik Indonesia, dimana hasil tersebut menjadi pemerkuat pentingnya keberadaan kurikulum 2013. Adapun untuk memperkuat tata kelola kurikulum 2013 Pemerintah telah menyiapkan buku siswa sebagai buku acuan wajib pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah soal latihan dan soal uji kompetensi tiap bab dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas VIII semester I terbitan Kemendikbud. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Pedoman analisis soal berdasarkan dimensi kognitif dari TIMSS 201 9 Assessment Framework. Tujuan dalam penelitian ini Memberikan gambaran dan informasi tentang tingkat domain dan aspek kognitif yang ditekankan pada soal-soal matematika serta proporsinya dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 kelas VIII semester I terbitan Kemendikbud berdasarkan dimensi kognitif dari TIMSS dan juga untuk mengetahui seberapa besar aspek kognitif soal-soal matematika dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas VIII Semester I Terbitan Kemendikbud Berdasarkan Dimensi Kognitif dari TIMSS. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif kepustakaan dengan subjek penelitian yaitu soal-soal dalam buku teks siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan dimensi kognitif dari Trends In International Mathematics And Science Study (TIMSS). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Penyajian data disajikan dengan Pertama, menyajikan hasil reduksi data pada soal-soal berdasarkan dimensi kognitif dari TIMSS. Kedua, mengkalkulasikan persentase kemunculan tiap domain dan aspek kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 331 soal yang dianalisis diperoleh 111 soal mencapai tingkat kognitif pada domain knowing dengan persentase 33,53%, 145 soal sudah mencapai tingkat kognitif pada domain applying dengan persentase 43,8% dan 75 soal sudah mencapai tingkat kognitif pada domain reasoning dengan persentase 22,65%. Soal-soal pada domain knowing, aspek kognitif yang termuat adalah recall 21,76%, recognize 10,2%, compute 14,28%, retrieve 29,93%, classiffy 16,32%, measure 7,48%. Untuk soal soal pada domain applying, aspek kognitif yang termuat yaitu determine 37.5%, implement sekitar 36.46% dan represent/model sekitar 26.46%. Adapun untuksoal-soal pada domain reasoning, aspek kognitif yang lebih banyak termuat adalah integrated sekitar 44,44%, analyze 13,58%, justify 11,11%, evaluate 17.28%, draw conclusions 6,17 % dan generalize sekitar 7,45%

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163237 NASHRULLOH
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:30
Last Modified: 29 Mar 2021 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19276

Actions (login required)

View Item View Item