KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA OPEN-ENDED DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XII DI MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN 2020/2021

ANNISAUL LAILIM MUKMINAH, 17204163144 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA OPEN-ENDED DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XII DI MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis pada Materi Barisan dan Deret Kelas XII di MAN 3 Tulungagung Tahun 2020/2021” ini ditulis oleh Annisaul Lailim Mukminah, NIM. 17214163144. Pembimbing Miswanto, M.Pd. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Kecerdasan Logis Matematis Kemampuan berpikir kreatif adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki seorang siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Namun kenyataannya dilapangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika open-ended masih kurang maksimal, sehingga berakibat pada hasil belajar matematikanya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tingkat koheren dalam pemecahan masalah matematika open-ended pada materi barisan dan deret kelas XII di MAN 3 Tulungagung; 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tingkat kompleks dalam pemecahan masalah matematika open-ended pada materi barisan dan deret kelas XII di MAN 3 Tulungagung; 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tingkat dasar dalam pemecahan masalah matematika open-ended pada materi barisan dan deret kelas XII di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dari 28 siswa dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian, yaitu 2 subjek dengan kecerdasan logis matematis koheren, 2 subjek dengan kecerdasan logis matematis kompleks, dan 2 subjek dengan kecerdasan logis matematis dasar. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis yang digunakan yaitu tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dicek keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kecerdasan logis matematis tingkat koheren dalam pemecahan masalah matematika open-ended pada materi barisan dan deret masuk ke dalam kategori Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) 4 atau sangat kreatif. Siswa mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan; 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kecerdasan logis matematis tingkat kompleks dalam pemecahan masalah matematika open-ended pada materi barisan dan deret masuk ke dalam kategori Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) 3 atau kreatif. Siswa mampu memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas, atau kefasihan dan kebaruan; 3) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kecerdasan logis matematis tingkat dasar dalam pemecahan masalah matematika open-ended pada materi barisan dan deret masuk ke dalam kategori Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) 1 atau kurang kreatif. Siswa hanya mampu memenuhi satu indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204163144 ANNISAUL LAILIM MUKMINAH
Date Deposited: 18 Mar 2021 04:59
Last Modified: 26 Apr 2021 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19225

Actions (login required)

View Item View Item