PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A RA AL HIDAYAH JEKEK BARON NGANJUK

MAYA NABILA, 17206163084 (2020) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A RA AL HIDAYAH JEKEK BARON NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul " Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini pada Kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk" ini ditulis oleh Maya Nabila NIM. 17206163084, dibimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M, Si. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berbicara Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya sistem pembelajaran saat ini, yang mendorong anak agar dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, terdapat berbagai pendekatan pembelajaran, pada kurikulum 2013 pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik, dimana pada pendekatan ini terdapat bergai kegiatan yang dapat melatih keterampilan berbicara anak. Fokus penelitian pada skripsi ini diantaranya adalah: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran dalam pendekatan saintifik untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk?; 2) bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk?; 3) bagaimana hasil dan evaluasi dari penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk?. Tujuan dilakukannya penelitian ini diantaranya adalah: 1) untuk menjelaskan bagaimana perencanaan pembelajaran dalam pendekatan saintifik untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk? 2) untuk menjelaskan bagaiamana implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk?; 3) untuk menjelaskan bagaimana hasil dan evaluasi penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini pada kelompok A RA Al Hidayah Jekek Baron Nganjuk. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendekatan saintifik sangat optimal untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak karena terdapat banyak kegiatan yang melibatkan kemampuan berkomunikasi verbal (2) pendidik menstimulus agar kemampuan berbicara anak dapat berkembang dengan memberi pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban deskriptif, dan berkesinambungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163084 Maya Nabila
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:02
Last Modified: 28 Apr 2021 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19224

Actions (login required)

View Item View Item