EKSISTENSI INDUSTRI KREATIF DI TENGAH REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Study Kasus Pada Wodske Industri Kreatif)

SYIFA ZAINATUL IMROAH, 17402163458 (2020) EKSISTENSI INDUSTRI KREATIF DI TENGAH REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Study Kasus Pada Wodske Industri Kreatif). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Eksistensi Industri Kreatif di Tengah Revolusi Industri 4.0 (Study Kasus pada Wodske Industri Kreatif)” ini ditulis oleh Syifa Zainatul Imroah, NIM. 17402163458, pembimbing skripsi Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya dampak negatif dari berkembangnya revolusi industri 4.0. Diantaranya yaitu pengangguran akibat disrupsi teknologi. Pemanfaatan teknologi digital dan kecerdasan buatan yang menggeser penggunaan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi rendah. Bisnis yang tidak mampu beradaptasi mengikuti perubahan di era digital akan bangkrut, tidak peduli seberapa pun besarnya bisnis tersebut. Meskipun demikian, resiko pengangguran dan minimnya penggunaan SDM akibat masuknya era industri 4.0 tidak berlaku pada semua jenis pekerjaan dan kegiatan industri. Salah satunya adalah industri kreatif, ini karena industri kreatif merupakan jenis industri yang berbasis pada seni, kreativitas, budaya, serta inovasi. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana dinamika Wodske Industri Kreatif dalam mempertahankan eksistensinya? dan 2) Bagaimana strategi Wodske Industri Kreatif agar tetap mampu mempertahankan eksistensinya di tengah revolusi industri 4.0?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa selama upaya untuk mempertahankan eksistensinya, Wodske Industri Kreatif telah mengalami dinamika dan berbagai perubahan. Dinamika-dinamika tersebut yaitu berupa proses digitalisasi, komputasi, dan upgrade alat produksi, pengembangan produk fungsional, perubahan manajemen perusahaan, serta perubahan target pasar. Kemudian strategi yang dilakukan oleh Wodske Industri Kreatif untuk mempertahankan eksistensinya yaitu: 1) melakukan kerja sama dengan Okui Creative Hub, 2) membuat inovasi produk baru khususnya produk fungsional, serta melakukan mitra dengan pihak lain, 3) membuat katalog online, kecuali untuk produk custom, 4) melakukan digitalisasi, 5) tetap konsisten menjaga kualitas produk, dan 6) merambah ke bisnis coffeeshop. Kata kunci: Eksistensi, Industri Kreatif, Revolusi Industri

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 17402163458 Syifa Zainatul Imroah
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:13
Last Modified: 29 Apr 2021 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19068

Actions (login required)

View Item View Item