PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN KABUPATEN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD HABIB RIDWAN, 12505174031 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (944kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V di MI Roudlotut Tholibin Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Habib Ridwan dibimbing oleh Dr. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I, dan Dr. Fathul Mujib M.Ag. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash, Hasil Belajar IPA Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash ini didasarkan pada observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti yang menemukan bahwa belum tersedianya media pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di MI/SD. Rumusan masalah dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) bagaimana desain media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V di MI Roudlotut Tholibin Kabupaten Tulungagung?, (2) bagaimana kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V di MI Roudlotut Tholibin Kabupaten Tulungagung?, dan (3) bagaimana efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V di MI Roudlotut Tholibin Kabupaten Tulungagung?. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah model ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu; (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi) dan (5) Evaluation (evaluasi). Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut; (1) Media pembelajaran yang dihasilkan berupa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash yang didesain menggunakan software Adobe Flash CS 3 Professional, Corel Draw dan Photoshop berdasarkan rancangan storyboard yang telah dibuat. (2) Hasil analisis data validasi produk oleh ahli media memperoleh persentase mencapai 87% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil analisis data validasi produk oleh ahli materi memperoleh persentase mencapai 88% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash layak atau valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA. (3) Hasil analisis data respon siswa memperoleh persentase mencapai 95% dengan kriteria sangat positif. Sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan belajar pada saat pre test hanya sebesar 21% dan mengalami peningkatan pada saat post test menjadi 87%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di MI Roudlotut Tholibin Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174031 MUHAMMAD HABIB RIDWAN
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:16
Last Modified: 03 Mar 2021 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19063

Actions (login required)

View Item View Item