Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share ) Terhadap Kreatifitas Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Logika Matematika Pada Siswa Kelas X MAN Tulungagung 1

Chusna, Rifngatul (2014) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share ) Terhadap Kreatifitas Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Logika Matematika Pada Siswa Kelas X MAN Tulungagung 1. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK indonesia vii-viii.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - 5.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
L0 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share), Kreatifitas Berpikir Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa perkembnagan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga siswa harus menguasai matematika agar dapat memahami dunia dan berhasil dalam masa depannya. Sekarang ini banyak siswa yang lemah pemahaman terhadap matematika sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal ataupun permasalahan sehari-hari. Dalam hal ini peneliti menerapkan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Terhadap Kreatifitas Berpikir Siswa di MAN Tulungagung 1. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap kreatifitas berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi logika matematika pada siswa kelas X MAN Tulungagung 1, (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap kreatifitas berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi logika matematika pada siswa kelas X MAN Tulungagung 1. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap kreatifitas berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi logika matematika siswa kelas X MAN Tulungagung 1, (2)Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap kreatifitas berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi logika matematika siswa kelas X MAN Tulungagung 1. Penelitian ini menggunkan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Tes digunkan untuk memperoleh data hasil belajar siswa MAN Tulungagung 1. Sedangkan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Analisis data menggunakan rumus uji-t. Setelah data dianalisis, maka akhirnya dapat di simpulkan bahwa (1)Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap kreatifitas berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi logika matematika pada siswa kelas X MAN Tulungagung 1. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 4,852, sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah 1,671. (2)Besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ( Think Pair Share) terhadap kreatifitas berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi logika matematika pada siswa kelas X MAN Tulungagung 1adalah 17,249%. Dan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap kreatifitas berpikir memenuhi kriteria berpikir kreatif dalam matematika pada tingkatan ke 4 yaitu sangat kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 02:07
Last Modified: 30 Sep 2014 02:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item