PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

APRIANI, MELISA DWI (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1-awal.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-isi.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Motivasi Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Melisa Dwi Apriani, NIM. 3214113108, pembimbing Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar, dan Motivasi. Adanya pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika akan menyebabkan perbedaan hasil belajar siswa. Selain itu, masih banyaknya siswa kelas VIII di MTsN Tulungagung yang kurang menyukai pelajaran matematika, mengakibatkan nilai matematika mereka berbeda-beda antara siswa satu dengan yang lainnya dan masih ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh sebab itu, perlu diteliti faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan hasil belajar matematika. Materi dalam penelitian ini adalah luas permukaan bangun ruang sisi datar. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi luas permukaan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII di MTsN Tulungagung ditinjau dari tingkatan motivasi, dan (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi luas permukaan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII di MTsN Tulungagung ditinjau dari motivasi instrinsik dan ekstrinsik. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian komparatif, sedangkan untuk metode yang digunakan yaitu: (1) kuesioner (angket), untuk mendapatkan data mengenai motivasi, (2) tes, untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar, dan (3) dokumentasi, untuk memperoleh data tentang kegiatan siswa saat proses pembelajaran berlangsung, nama-nama siswa sebagai subjek penelitian, dan profil MTs Negeri Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada perbedaan hasil belajar pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar ditinjau dari tingkatan motivasi siswa kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 yang ditunjukkan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 18,981 > Ftabel = 3,28 dan (2) tidak ada perbedaan hasil belajar pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar ditinjau dari motivasi instrinsik dan ekstrinsik siswa kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 yang ditunjukkan dengan nilai sig. = 0,617 > 0,05 dan -ttabel = -1,691 < thitung = 0,504 < ttabel = 1,691.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: MELISA DWI APRIANI
Date Deposited: 17 Sep 2015 03:49
Last Modified: 17 Sep 2015 03:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1899

Actions (login required)

View Item View Item