ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL BERBASIS DARING DI SMPK SANTO YUSUP MOJOKERTO

KRISMON MARDIANI, 17210163076 (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL BERBASIS DARING DI SMPK SANTO YUSUP MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mardiani, Krismon. 2020. Analisis Pembelajaran Menulis Teks Fabel Berbasis Daring di SMPK Santo Yusup Mojokerto. Skripsi, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata kunci: pembelajaran, menulis teks fabel, berbasis daring. Proses pembelajaran dalam pendidikan di sekolah adalah pilar utama. Tercapai atau tidaknya tujuan dari pendidikan sangat ditentukan oleh proses pembelajaran. Salah satu yang berperan penting di dalam pembelajaran adalah seorang guru. Guru merupakan orang yang memiliki profesi sebagai pendidik atau pengajar yang memiliki tugas utama yakni mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi serta menjadi panutan bagi peserta didik agar dapat menjadi sosok yang berkarakter dan berpengetahuan. Saat ini pembelajaran yang berlangsung di Indonesia kurang efektif dilakukan karena adanya pandemi covid-19. Pemerintah melakukan pemutusan penyebaran pandemi tersebut dengan cara mengarahkan pembelajaran di rumah atau disebut dengan sistem sekolah daring (online). Pembelajaran daring atau biasa disebut dengan e-learning merupakan proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Hal tersebut menjadikan guru dan siswa harus melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis daring. Oleh sebab itu peneliti menganalisis pembelajaran menulis teks fabel berbasis daring di SMPK Santo Yusup Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan guru dalam pembelajaran menulis teks fabel berbasis daring di SMPK Santo Yusup Mojokerto. (2) mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam pembelajaran menulis teks fabel berbasis daring di SMPK Santo Yusup Mojokerto. (3) mendeskripsikan penilaian guru dalam pembelajaran menulis teks fabel berbasis daring di SMPK Santo Yusup Mojokerto. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study) untuk menganalisis pembelajaran menulis teks fabel berbabis daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK Santo Yusup Mojokerto. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII. Data dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks fabel berbasis daring di kelas VII SMPK Santo Yusup Mojokerto. Langkah-langkah dalam pengumpulan data yang telah dilakukan oleh peneliti adalah wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan penemuan dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini adalah tahap orientasi, tahap eksplorasi, tahap pengecekan data, dan tahap analisis data. Hasil penelitian yakni (1) perencanaan dalam pembelajaran menulis berbasis daring di SMPK Santo Yusup Mojokerto berupa RPP disusun oleh guru bahasa Indonesia dengan acuan dinas setempat, namun guru belum mencantumkan sumber belajar, materi ajar, dan juga rubrik penilaian (2) proses pelaksanaan pembelajaran menulis berbasis daring dilakukan sesuai dengan standar pembelajaran yakni sudah terdapat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, dan (3) proses penilaian yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks fabel berbasis daring adalah penilaian sikap dan penilaian pengetahuan. Pada penilaian sikap guru menilai dari kedisiplinan dan kejujuran siswa dalam mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Sedangkan, nilai pengetahuan dilaksanakan melalui tes tulis dan penugasan selama pembelajaran. Selain itu, pada penilaian guru juga mencantumkan remedial bagi siswa yang belum mencapai tujuan belajar secara maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163076 KRISMON MARDIANI
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:46
Last Modified: 27 Apr 2021 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18963

Actions (login required)

View Item View Item