PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KARTU DAMIRA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MA'ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG

REZA AFRIDHA ZAHRA, 12505184030 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KARTU DAMIRA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MA'ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Kartu Domira untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung” Ini Ditulis Oleh Reza Afridha Zahra, NIM. 12505184030 dengan dosen pembimbing Dr. H. Khojin, M.A dan Dr. Mohammad Jazeri.M.Pd, Kata Kunci: Pengembangan Media Kartu Domira, Pembelajaran Bahasa Arab, Penguasaan Mufradat. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang belum mengoptimalkan kemampuan siswa dalam menghafal mufradat, baik dalam penggunaan variasi pembelajaran atau pemanfaatan guru terhadap media pembelajaran bahasa Arab. Dalam pengajarannya, guru masih berpatokan dengan buku paket dan LKS yang cenderung monoton, sehingga minat belajar siswa terhadap bahasa asing terutama bahasa arab sangat kurang termotivasi. Oleh karenanya, siswa menganggap bahwa pelajaran bahasa arab merupakan pelajaran yang sulit untuk dipahami. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1)Bagaimana desain pengembangan media pembelajaran kartu domira untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada siswa kelas 4 di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung?; (2) Bagaimana penggunaan media kartu domira untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada siswa kelas 4 MI Al- Ma’arif Gendingan Tulungagung?; (3) Bagaimana efektivitas pengembangan media pembelajaran kartu domira untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada siswa kelas 4 MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung?. Tesis ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan desain media pembelajaran kartu domira untuk meningkatkan penguasaan mufradat pada materi: َٛاْ ْٕ ٌْؼُ ا (alamat) di kelas IV. (2) mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran kartu domira untuk meningkatkan penguasaan mufradat pada materi َٛاْ ْٕ ٌْؼُ ا (alamat) di kelas IV. (3) mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran kartu domira untuk meningkatkan penguasaan mufradat pada materi َٛاْ ْٕ ٌْؼُ ا (alamat) di kelas IV. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) analisis kebutuhan; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) uji coba produk; (6) revisi produk; (7) uji coba produk; (8) revisi produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) desain media pembelajaran kartu domira untuk meningkatkan penguasaan mufradat dinyatakan layak dari aspek tampilan, kebahasaan dan penggunaan yang menunjukkan kategori valid yaitu Kriteria penampilan media kartu domira presentase sebesar 74%, Keterlibatan siswa dalam menggunakan kartu domira sebesar 86%, dan Ketertarikan dalam belajar sebesar 71%. (2) media kartu domira untuk meningkatkan penguasaan mufradat dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan terhadap siswa menunjukkan adanya peningkatan penguasaan mufradat siswa dari hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata dari 54 menjadi 70. (3) Efektivitas media pembelajaran kartu domira untuk meningkatkan penguasaan mufradat dapat dilihat dari hasil test yang dilakukan oleh dua kelas yang berbeda melalui perhitungan independent samples test memiliki nilai sig. 2-tailed 0,000 yang mana 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media kartu domira dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media kartu domira.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184030 REZA AFRIDHA ZAHRA
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:13
Last Modified: 29 Apr 2021 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18931

Actions (login required)

View Item View Item