TAFSIR KOMPARATIF MAKNA BA’UDHAH MENURUT IMAM FAKHRUR AR- RAZIY DAN BUYA HAMKA

ZIADA HILMI HANIFAH, 12301173031 (2021) TAFSIR KOMPARATIF MAKNA BA’UDHAH MENURUT IMAM FAKHRUR AR- RAZIY DAN BUYA HAMKA. [ Skripsi ]

[img] Text
TAFSIR KOMPARATIF MAKNA BA’UDHAH MENURUT IMAM FAKHRUR AR-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Sudah sepatutnya sebagai umat muslim untuk mengkritisi isi dalam Al-Qur‟an. Terlebih dengan zaman yang sudah sangat canggih. Dalam kitab Allah yaitu Al-Qur‟an menyimpan pesan-pesan melewati perumpamaan, salah satunya virus. Virus adalah makluk Allah yang sangat ekslusif yang Allah ciptakan sebagai tamtsil ( perumpamaan) yang di dalam Al Baqarah ayat 26. Penulis mengkaji secara konteksual dan menemukan fakta-fakta unik. Dalam Alqur‟an banyak sekali ayat yang menarik untuk di kaji lebih dalam. Terutama ayat tentang virus. Penelitian ini penulis menggunakan metode komparasi, mengkaji penafsiran ulama klasik dan kontemporer yaitu Fakhr Ar-Raziy dan Buya Hamka. Hasil penelitian ini menunjukan ; pertama Ar-Raziy menafsirkan Ba‟udhatan famaa fauqaha di sebut sebagai nyamuk atau yang lebih kecil dari pada itu. Sedangkan Buya Hamka dalam Tafsirnya Al Azhar berpendapat bahwa Ba‟udhatan Fama Fauqaha itu nyamuk atau lebih keci, jadi kedua mufasir sepakat bahwaBa‟udhatan famaa fauqaha adalah nyamuk atau bisa di sebut juga dengan virus. Kedua, makhluk yang dianggap remeh ternyata dapat menunjukan kekuasaan Allah yang begiru besar. Ketiga, jangan pernah meremahkan hal-hal kecil bisa jadi berdampak yang sangat luar biasa, seperti covid-19. Dengan adanya ini seharusnya manusia lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kata Kunci : Tafsir, komparatif, ba‟udhah, sains

Item Type: Skripsi
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: Ziada Hani 12301173031 Ziada Hilmi Hanifah
Date Deposited: 23 Feb 2021 08:27
Last Modified: 23 Feb 2021 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18922

Actions (login required)

View Item View Item