ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KULINER DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Usaha Arloji Restoran Tulungagung)

ACMAD RISKY SOLAIMAN, 17402163105 (2020) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KULINER DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Usaha Arloji Restoran Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Arloji Restoran Tulungagung)” ditulis oleh Acmad Risky Solaiman, NIM. 17402163105, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Ahmad Muhtadi Anshor, M, Ag. Bisnis yaitu suatu kegiatan usaha yang mengorganisasi untuk menghasilkan (laba) atau menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Semakin maju perkembangan jaman dan perubahan pola hidup manusia menyebabkan kebutuhan manusia juga berubah, terutama dalam kebutuhan primer yang salah satunya adalah makanan dan minuman. Semakin meningkatnya kebutuhan pangan tersebut, tentunya akan mendatangkan peluang-peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Salah satu usaha penyediaan makanan dan minuman jadi adalah usaha restoran. Salah satu usaha restoran yang tergolong unggul dan memiliki potensi yang cukup baik untuk terus berkembang pesat. Disisi lain, Arloji Restoran mengalami penurunan dari jumlah penjualan. Dari permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana strategi pengembangan bisnis kuliner di Arloji Restoran Tulungagung? (2) Bagaiaman analisis Ekonomi Islam terhadap strategi pengembangan bisnis kuliner di Arloji Restoran Tulungagung?”, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis yang diterapkan di Arloji Restoran Tulungagung (2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis yang diterapkan di Arloji Restoran Tulungagung yang dikaitkan dengan analisis Ekonomi Islam. Penlitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawacara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang diterapkan oleh Arloji Restoran yaitu (1) Strategi kombinasi bersama, yakni strategi integrasi vertikal (strategi integrasi ke depan, strategi integrasi ke belakang, dan strategi integrasi horizontal), strategi intensif (strategi penetrasi pasar dan strategi pengemabangan produk), dan strategi diversifikasi menerapkan strategi diversifikasi terkait / konsentrik. (2) Jika dianalisis dengan ekonomi Islam, strategi-strategi yang diterapkan Arloji Restoran secara umum sudah sesuai dengan teori yang ada. Dalam hal ini Arloji Restoran tidak hanya fokus pada strategi-strategi secara umum, namun Arloji Restoran juga tidak melupakan hal-hal yang diatur oleh agama Islam. Kata Kunci : Bisnis, Strategi Pengembangan Bisnis, Restoran

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 17402163105 a
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:47
Last Modified: 26 Apr 2021 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18919

Actions (login required)

View Item View Item