PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA DI MIN 04 TULUNGAGUNG

MOCHAMMAD ARIEF SETIAWAN, 17205163212 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA DI MIN 04 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa di MIN 04 Tulungagung” ini ditulis oleh Mochammad Arief Setiawan (17205163212) jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Minat dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa. Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangya semangat siswa dalam belajar IPA, kurangnya pengorganisasian isi materi pelajaran yang membuat siswa merasa sulit memahami materi dalam pelajaran IPA, metode yang digunakan masih monoton yaitu menggunakan metode ceramah setelah itu siswa ditugaskan untuk mengerjakan tugas, kurangnya interaksi guru dengan siswa sehingga siswa hanya mendengarkan penjelasan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPA di MIN 04 Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MIN 04 Tulungagung ? (3) adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MIN 04 Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi lalu sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B sebagai kelas exsperimen berjumlah 18 anak dan kelas IV A berjumlah 20 anak sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji manova, yang sebelumnya diuji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) berdasarkan perhitungan uji t angket minat belajar diperoleh nilai Sig. (2tailed) = 0,02< 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak Ha diterima. (2) berdasarkan perhitungan uji t hasil belajar diperoleh dan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kela IV di MIN 04 Tulungagung, (3) berdasrkan uji perhitungan uji manova angket minat dan hasil belajar diperoleh nilai 0,00 < 0,05, sehingga Ho di tolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di MIN 04 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163212 MOCHAMMAD ARIEF SETIAWAN
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:49
Last Modified: 28 Apr 2021 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18916

Actions (login required)

View Item View Item