PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs IMAM AL-GHAZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RISKI DWI SAPUTRO, 17201163032 (2020) PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs IMAM AL-GHAZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Pada Masa Pendemi Covid-19 di Mts Imam Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan Tulungagung,” ditulis oleh Riski Dwi Saputro, NIM.17201163032, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kebutuhan belajar seorang anak menjadi kebutuhan dasar guna pembiasaan yang mengarah ke hal yang positif, yaitu hasil belajar yang memuaskan dan memiliki keterampilan. Di tengah pendemi Covid-19 ini, Mts Al Ghazali Panjerojo merupakan salah satu sekolah yang tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan mengalihkan pembelajaran ke dalam model daring, online atau pembelajaran luar kelas. Selain dituntut untuk beradaptasi dengan sistem belajar online, Mts Al-Ghazali juga masih dihadapkan dengan pola efektifitas belajar yaitu lemahnya komunikasi guru dalam membentuk efektifitas belajar masih dirasa kurang. Maka guru di Mts Imam Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan sebagai komponen sumber daya manusia yang berkewajiban membina peserta didik dalam membentuk karakter yang baik, dengan pola belajar yang efektif malalui peran komunikasi guru pihak sekolah berupaya dengan maksimal untuk meraih hasil pembelajaran yang maksimal. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam melaksanakan komunikasi online dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik pada masa pendemi Covid-19 di Mts Imam Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?, 2) Bagaimana respon siswa dalam melaksanakan komunikasi online dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik pada masa pendemi Covid-19 di Mts Imam Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?, 3) Bagaimana hambatan dari komunikasi online dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik pada masa pendemi Covid-19 di Mts Imam Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?, 4) Bagaimana respon wali murid dalam pelaksanakan komunikasi online dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik pada masa pendemi Covid-19 di Mts Imam Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode observasi dan wawancara. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Miles and Hubermann. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Peran guru dalam melaksanakan komunikasi online dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik pada masa pendemi Covid-19 yaitu menjadi seorang pembimbing dan pengarah pembelajaran. Dengan memperkuat pola komunikasi berbasis daring yang sudah ada, yaitu difokuskan pada terciptanya kelompok atau grup yang aktif melalui media sosial Whatsapp. 2) Respon siswa dalam melaksanakan komunikasi online yaitu beragam. Sebagian siswa sebagian ada yang kesulitan dengan model pembelajaran daring, kesulitannya adalah tidak ada akses online sehingga harus mencari jaringan, amun sebagian lainnya merespon dengan baik. 3) Hambatan dari komunikasi online yaitu terdapat beberapa temuan hambatan dalam penelitian ini.Hambatan bersifat umum yaitu yang berkaiatan dengan kesulitan belajar siswa yang dialami dalam kegiatan belajar secara umum seperti sulitnya siswa mamahami materi pembalajaran, sulitnya siswa dalam menanggapi arahan guru dalam hal materi belajar dan lainnya. 4) Respon wali murid dalam pelaksanakan komunikasi online yaitu mendukung berbagai kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan karena situasi di tengah pandemi Covid-19. Hal ini, yang menjadi kesadaran awal bagi para wali murid dalam mendorong pelaksanaan pembelajaran online. Kata kunci: Komunikasi guru, Efektifitas, Pandemi Covid-19

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163032 RISKI DWI SAPUTRO
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:45
Last Modified: 29 Apr 2021 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18906

Actions (login required)

View Item View Item