STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT THE USE OF ORAL PRESENTATION METHOD IN LEARNING ENGLISH AT MAN 1 TRENGGALEK

DESINTA KURNIA SARI, 17203163192 (2020) STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT THE USE OF ORAL PRESENTATION METHOD IN LEARNING ENGLISH AT MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Desinta Kurnia Sari. Nomor Induk Mahasiswa 17203163192. Students’ Perception about the Use of Oral Presentation Method in Learning English at MAN 1 Trenggalek. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Nany Soengkono Madayani, S.S., M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris, Persepsi Siswa, Presentasi Lisan Di era globalisasi ini, kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan. Untuk menghadapi era yang semakin maju, seseorang dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan sesama baik secara nasional maupun internasional. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang umumnya digunakan untuk berkomunikasi antara satu negara dengan negara lain. Sehingga ketika seseorang memiliki kemampuan tersebut maka dengan mudah akan meningkatkan hubungan dengan orang lain. Untuk dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, siswa perlu latihan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Ada beberapa metode yang dapat mereka gunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. Salah satunya adalah metode presentasi lisan. Presentasi lisan banyak digunakan dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran berbicara. Selain itu, presentasi lisan banyak digunakan karena siswa dapat berlatih lebih mandiri dengan menyampaikan materi yang belum pernah disampaikan guru sebelumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi siswa tentang penggunaan metode presentasi lisan dalam pembelajaran bahasa Inggris? (2) Apa tantangan siswa dalam belajar bahasa Inggris dengan metode presentasi lisan? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan metode presentasi lisan dalam pembelajaran bahasa Inggris, (2) Untuk mengetahui tantangan dalam melakukan pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode presentasi lisan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan instrumen penelitian menggunakan angket dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MAN 1 Trenggalek. Sampelnya adalah siswa kelas XI IIS-1 dan XI IIS-3 MAN 1 Trenggalek yang berjumlah 66 siswa yang terdiri dari 22 laki-laki dan 44 perempuan melalui cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner tertutup. Analisis data dianalisis menggunakan IBM SPSS 25.0 versi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode presentasi lisan memiliki dua hasil terhadap persepsi siswa. Siswa memiliki persepsi yang positif dalam metode presentasi lisan. Terbukti dari hasil angket siswa merasa dapat belajar mandiri dengan berpikir secara mendalam karena harus mempersiapkan materi yang belum pernah disampaikan oleh guru sebelumnya. Selain persepsi positif, temuan juga menunjukkan bahwa siswa juga menemukan tantangan dalam presentasi. Tantangan yang mereka hadapi adalah tentang kefasihan berbahasa Inggris dan kepercayaan diri. Siswa terkadang merasa malu saat menghadapi temannya di depan kelas dengan keterbatasan kosakata yang mereka miliki saat melakukan presentasi lisan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 17203163192 Desinta Kurnia Sari
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:33
Last Modified: 27 Apr 2021 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18904

Actions (login required)

View Item View Item