PENGARUH PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PLUS AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH TULUNGAGUNG

ULYA MEIDYASTUTI, 17208163012 (2020) PENGARUH PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PLUS AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Keanekaragaman Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Pembelajaran Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung” ini ditulis oleh Ulya Meidyastuti, Jurusan Tadris Biologi, NIM 17208163012, dibimbing oleh M. Luqman Hakim Abbas, S. Si., M. Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan Sekolah, Sumber Pembelajaran, Problem Based Learning, Proses Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas dinilai monoton sehingga kurang menarik minat siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung stagnan tanpa diiringi peningkatan. Guru terkesan mendominasi dalam pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif hanya berkutat pada buku yang dibagikan sekolah. Oleh karena itu, peneliti melakukan eksperimen dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber pembelajaran yang dipadukan dengan model problem based learning. Selain karena lingkungan dinilai masih kurang dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran, juga sebagai wadah menanamkan karakter peduli lingkungan dengan menjaga kelestarian komponen biotik maupun abiotik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengidentifikasi pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah melalui model PBL terhadap proses belajar siswa, (2) Untuk mengidentifikasi pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah melalui model PBL terhadap hasil belajar siswa, (3) Untuk mengidentifikasi pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah melalui model PBL terhadap proses dan hasil belajar siswa di SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design. Teknik sampling menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung yang terbagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode penelitian menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-Test (T-Test) dan Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil uji hipotesis 1 menggunakan t-test proses belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,004 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah melalui model PBL terhadap proses belajar siswa. (2) Hasil uji hipotesis 2 menggunakan t-test hasil belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah melalui model PBL terhadap hasil belajar siswa. (3) Hasil uji hipotesis 3 menggunakan uji MANOVA terhadap observasi proses belajar siswa diperoleh nilai Sig. = 0,004 < 0,05 sedangkan pada hasil belajar siswa diperoleh nilai Sig. = 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah melalui model PBL terhadap proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163012 Ulya Meidyastuti
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:48
Last Modified: 03 May 2021 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18891

Actions (login required)

View Item View Item