PENDIDIKAN BERBASIS INKLUSI DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH IBTIDAIYAH HEBAT BERMARTABAT DI KABUPATEN BLITAR (Studi Kasus di MI Unggulan Darussalam Desa Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)

LILIS SAMROTUL ILMI, 12505184021 (2020) PENDIDIKAN BERBASIS INKLUSI DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH IBTIDAIYAH HEBAT BERMARTABAT DI KABUPATEN BLITAR (Studi Kasus di MI Unggulan Darussalam Desa Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (334kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pendidikan Berbasis Inklusi dalam Mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat di Kabupaten Blitar (Studi Kasus di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar)” ini ditulis oleh Lilis Samrotul Ilmi dengan dibimbing oleh Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Dr. H.Kojin, M.A Kata Kunci: Berbasis Inklusi, Madrasah Ibtidaiyah, Hebat bermartabat Pendidikan untuk semua memfasilitasi dan menerima setiap kecerdasan dan bentuk siswa sebagai upaya memanusiakan hubungan dan sebagai bagian dari implementasi pendidikan humanis yang bermartabat. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Desain pelaksanaan pendidikan berbasis inklusi dalam mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah hebat bermartabat di Kabupaten Blitar (Studi Kasus di MI Unggulan Drussalam Desa Gembongan kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)?; (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan berbasis inklusi dalam mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah hebat bermartabat di KabupatenBlitar (Studi Kasus di MI Unggulan Drussalam Desa Gembongan kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)?; (3) Bagaimana upaya pengendalian pendidikan berbasis inklusi dalam mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah hebat bermartabat di Kabupaten Blitar (Studi Kasus di MI Unggulan Drussalam Desa Gembongan kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)?. Metodologi penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan pendekatan penelitian kulitatif. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik konfirmasi dan diskusi dengan teman sejawat. Kemudian data dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan direduksi sesuai dengan kebutuhan. Untuk penyajian data selanjutnya diadakan penarikan kesimpulan. . Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Persiapan pelaksanaan pendidikan berbasis Inklusi dalam mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Hebat Bermartabat di Kabupaten Blitar adalah lembaga mempersiapkan sistem dan manajemen pendidikan inklusif, melakukan asesmen awal, mengikuti dan menyelenggarakan workshop/Seminar, menyiapkan sarana dan prasarana,pendidik dan tenaga kependidikan dan melakukan sosialisasi; (2) Pelaksanaan pendidikan Berbasis Inklusi dalam mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Hebat Bermartabat di Kabupaten Blitar mencakup aspek-aspek model kelas, model kurikulum, peran pendidik dan proses pembelajaran. (3) upaya pengendalian pendidikan Berbasis Inklusi dalam mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah hebat bermartabat di Kabupaten Blitar adalah Kontrol dan pengawasan pendidikan inklusif oleh Kepala Madrasah berupa monitoring regular dan insidental, pengawasan dan pembinaan dari pengawas madrasah secara regular, pengawasan oleh penyelenggara lembaga pendidikan (yayasan) dilakukan secara periodik pada awal tahun pelajaran baru dan akhir tahun pelajaran dan Pengawasan oleh orangtua/wali peserta didik sebagai konsumen sekaligus mitra pendidikan di MI Unggulan Darussalam.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184021 LILIS SAMROTUL ILMI
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:37
Last Modified: 28 Apr 2021 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18883

Actions (login required)

View Item View Item