KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERSTANDAR PISA PADA SISWA KELAS A-18 MIPA 6 MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

YUFIDA 'AINUN NI'MAH, 17204163032 (2020) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERSTANDAR PISA PADA SISWA KELAS A-18 MIPA 6 MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA pada Siswa Kelas A-18 MIPA 6 MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Yufida ‘Ainun Ni’mah, NIM. 17204163032, pembimbing Dra. Hj, Umy Zahroh, M. Kes. Ph.D . Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematika, PISA PISA (Programme of International Student Assessment) adalah studi yang dikembangkan oleh beberapa negara maju di dunia untuk menilai sejauh mana siswa yang berusia 15 tahun telah mempunyai kemahiran yang tepat dalam hal membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan. Kemahiran dapat terpenuhi salah satunya dengan cara menalar. Penalaran merupakan kemampuan yang dimiliki siswa dalam proses berfikir dan menyimpulkan sesuatu. Dalam PISA salah satu kemampuan penalaran yang digunakan adalah kemampuan penalaran matematika. Setiap siswa mempunyai kemampuan penalaran matematika yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan penalaran matematika siswa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA dari aspek konten, 2) Kemampuan penalaran matematika siswa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA dari aspek proses. 3) Kemampuan penalaran matematika siswa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA dari aspek konteks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti yaitu menjadikan peneliti sebagai instrument utama dalam pengumpulan data. Lokasi penelitian di MAN 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA: 1) Dari aspek konten, siswa berkemampuan penalaran matematika tinggi memenuhi indikator penalaran matematika sehingga mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika sedang cenderung memenuhi indikator analogi proses dan generalisasi sehingga kurang mampu menyelesaikan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika rendah tidak memenuhi indikator penalaran matematika sehingga tidak mampu menyelesaikan soal berstandar PISA dengan tepat. 2) Dari Aspek proses, siswa berkemampuan penalaran matematika tinggi memenuhi indikator penalaran matematika sehingga mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika sedang cenderung memenuhi indikator penalaran matematika sehingga kurang mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika rendah tidak memenuhi indikator penalaran matematika sehingga tidak mampu menyelesaikan soal berstandar PISA dengan tepat. 3) Dari aspek konteks, siswa berkemampuan penalaran matematika tinggi memenuhi indikator penalaran matematika sehingga mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika sedang kurang mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika rendah tidak memenuhi indikator penalaran matematika sehingga tidak mampu menyelesaikan soal berstandar PISA dengan tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163032 Yufida 'Ainun Ni'mah
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:03
Last Modified: 03 May 2021 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18864

Actions (login required)

View Item View Item