KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multikasus di MIN 9 Blitar Desa Slemanan Kecamatan Udanawu Blitar dan MI Wakhid Hasyim Desa Bakung Kecamatan Udanawu Blitar).

IBADUL MUTHO'I, 1761154025 (2021) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multikasus di MIN 9 Blitar Desa Slemanan Kecamatan Udanawu Blitar dan MI Wakhid Hasyim Desa Bakung Kecamatan Udanawu Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ibadul Mutho’i, 2020. Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multikasus di MIN 9 Blitar Desa Slemanan Kecamatan Udanawu Blitar dan MI Wakhid Hasyim Desa Bakung Kecamatan Udanawu Blitar) Disertasi. Pascasarjana Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung Promotor I: Prof. Dr. Akhyak, M.Ag, Promotor II: Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag.,M.Ag, Promotor III: Dr.Ngainun Naim, M.H.I. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Mutu Pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi upaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kepemimpinan transformasional menjadi salah satu usaha dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan. Kepemimpinan transformasional adalah sebuah upaya menggerakkan organisasi/lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dengan segala atribut transformasional. Atribut tersebut dikemas dalam bentuk; usaha penetapan visi-misi atau menetapkan arah sekolah, usaha mengembangkan sumber daya manusia (SDM), dan usaha kepemimpinan transformasoional dalam mendesain ulang organisasi. Fenomena demikian memunculkan sebuah gagasan berupa kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan segala atributnya. Pertanyaan penelitian pada disertasi ini meliputi: 1) bagaimana kepemimpinan transformasional dalam menetapkan arah untuk meningkatkan mutu pendidikan? 2) bagaimana kepemimpinan transformasional dalam mengembangkan sumber daya manusia untuk meningkatkan mutu pendidikan? 3) bagaimana kepemimpinan transformasional dalam mendesain ulang organiasi untuk meningkatkan mutu pendidikan ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kajian fenomenologis dengan rancangan penelitian studi multikasus. Objek dalam penelitian ini adalah MIN 9 Slemanan Blitar dan MI Wahid Hasyim Udanawu Blitar yang ditentukan berdasarkan maksud dan tujuan tertentu (purposive). Teknik pengumpulan data menerapkan teknik wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi partisipan pasif. Analisis data diawali dengan analisis situs tunggal dan analisis lintas situs dengan pola display data, reduction data, analisis data, dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukan; 1) kepemimpinan trasformasional kepala madrasah dalam menetapkan arah untuk meningkatkan mutu pendidikan dilakukan melalui orientasi visi dan misi sekolah, fokus pada pembentukan karakter akhlakul karimah, fokus pada spesifikasi tujuan prestasi akademik dan nonakademik, fokus pada pengembangan visi-misi berbasis teknologi dan budaya islami, berorientasi kebutuhan masyarakat, melakukan sinergi dengan pendidikan nonformal, melibatkan masyarakat/komite sekolah. 2) Kepemimpinan transformasional dalam mengembangkan sumber daya manusia dilakukan dengan peningkatan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kegiatan workshop, diklat, dan pelatihan peningkatan kompetensi, motivasi agama, penilaian kinerja, fingerprint, contoh/teladan yang baik, tutor eksternal, menambahkan wewenang dan jabatan. 3) Kepemimpinan transformasional dalam melakukan desain ulang organisasi dilakukan dengan pembentukan struktur organisasi, perumusan tupoksi, membangun kesadaran melalui motivasi agama, membangun komunikasi, koordinasi dengan stakeholder, berdasar analisis dampak kebijakan perubahan, membangun komitmen terhadap hasil kebijakan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr 1761154025 IBADUL MUTHOI
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:31
Last Modified: 22 Feb 2021 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item