ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG SECARA ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Febi Iain Tulungagung)

TUNGGAL PUTRA JON MULAKAWA, 17402163116 (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG SECARA ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Febi Iain Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (983kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul ”Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Barang Secara Online di Marketplace Shopee dalam Perspektif Islam (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI di IAIN Tulungagung)” ditulis oleh Tunggal Putra Jon Mulakawa NIM 17402163116 pembimbing Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M., merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang pengaruh harga, promosi, dan kemudahan terhadap keputusan pembelian. Keputusan konsumen menjadi prioritas utama pada penelitian ini karena persaingan yang semakin ketat diantara ecommerce, terlebih saat ini online shop menjadi lebih populer. Terutama dalam hal bersaing, bertahan dan menguasai pasar terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsumen. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan 1) Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee? 2) Apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee? 3) Apakah kemudahan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee? Dan 4) Apakah harga, promosi, dan kemudahan berpengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap keputusan pembelian cecara online pada marketplace Shopee pada mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey/kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan Teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuoesioner online yang diolah menggunakan SPSS versi 24. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (3,816) > ttabel (1,98). Selanjutnya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (5,475) > ttabel (1,98), dan untuk variabel kemudahan juga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung (2,494) > ttabel (1,98). Secara bersama-sama harga, promosi dan kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung sebesar 48,967 > Ftabel 2,70. Nilai adjusted R Square diperoleh 0,592 atau 59,2% yang artinya bahwa variabel harga, promosi, dan kemudahan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di marketplace Shopee sebesar 59,2%, sedangkan sisanya sebesar 40,8% dipengaruhi dan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kata kunci: Harga, Promosi, Kemudahan, Keputusan Pembelian

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163116 Tunggal Putra Jon Mulakawa
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:30
Last Modified: 29 Apr 2021 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18744

Actions (login required)

View Item View Item