STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA BADAN USAHA MILIK DESA BERSAMA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada UPK BUMDesma Besuki Tulungagung)

SITI IBTIDAUR ROHMAH, 17402163344 (2021) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA BADAN USAHA MILIK DESA BERSAMA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada UPK BUMDesma Besuki Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pada Badan Usaha Milik Desa Bersama Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada UPK BUMDesma Besuki Tulungagug)” ini ditulis oleh Siti Ibtidaur Rohmah, NIM 17402163344, jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, pembimbing Ahmad Syaichoni. M. Sy. Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) adalah sebuah lembaga yang dikelola oleh masyarakat desa dan kepengurusannya terpisah dari perangkat desa maupun anggota kecamatan. Keberadaan BUMDesma bertujuan untuk menggali dan mengoptimalkan potensi wirausaha masyarakat. Keberadaan BUMDesma diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian desa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi pemberdayaan yang dilakukan BUMDesma dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Besuki, (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan BUMDesma dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Besuki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga teknik analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, hingga menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Strategi pemberdayaan yang dilakukan BUMDesma yaitu melalui pengelolaan program SPP serta menentukan kebijakan. Pemberdayaan dilakukan dengan memberikan pinjaman modal serta melakukan pembinaan, pengembangan usaha dan pelatihan wirausaha kepada masyarakat. Kegiatan SPP ini banyak membantu masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, (2) Kendala dan solusinya yaitu terkendala oleh kurangnya ketertarikan masyarakat, kurangnya kesadaran masyarakat, adanya tunggakan dana SPP, kurangnya peralatan dan terbatasnya tenaga kerja. Solusinya yaitu meyakinkan masyarakat dengan memberikan sosialisasi, memberikan pendampingan, pelatihan wirausaha, melakukan idektifikasi masalah, membeli peralatan kerja dan menambah kariyawan baru. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, BUMDesma, dan Kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163344 SITI IBTIDAUR ROHMAH
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:24
Last Modified: 17 Feb 2021 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18710

Actions (login required)

View Item View Item