STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP PRODUK SIMPANAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung dan KSPPS Baitul Izza Sejahtera Serut Tulungagung)

UMUL MASRUROH, 17401163241 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP PRODUK SIMPANAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung dan KSPPS Baitul Izza Sejahtera Serut Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Membangun Kepercayaan Anggota Pembiayaan terhadap Produk Simpanan Pendidikan (Studi Kasus di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung dan KSPPS Baitul Izza Sejahtera Serut Tulungagung)”. Ini diteliti oleh Umul Masruroh NIM 17401163241 dosen pembimbing Bapak Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jumlah anggota pembiayaan produk simpanan pendidikan yang ada di kedua lembaga itu ternyata lebih banyak diminati masyarakat daripada produk simpanan lainnya. Sehingga dengan peningkatan jumlah penabung simpanan pendidikan ini mengindikasi adanya kepercayaan yang tinggi dari nasabah atau anggota. Kedua BMT tersebut mempunyai penerapan strategi pemasaran yang sama yaitu menggunakan strategi 4P (Product, Price, Promotion, dan Place). Fokus penelitian ini adalah: bagaimana penerapan strategi pemasaran produk simpanan pendidikan dalam membangun kepercayaan anggota simpanan di dua lembaga tersebut?; apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pemasaran untuk membangun kepercayaan anggota pembiayaan produk simpanan pendidikan di dua lembaga tersebut?; bagaimana solusi yang dilakukan dua lembaga tersebut untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pemasaran untuk membangun kepercayaan anggota pembiayaan produk simpanan pendidikan?. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data ini diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Istiqomah Karangrejo yaitu dengan melakukan strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi tempat. Sedangkan untuk KSPPS Baitul Izza Sejahtera Serut yaitu dengan menggunakan strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi tempat. Kendala internal BMT Istiqomah Karangrejo meliputi tidak ada penyebaran brosur atau informasi ke masyarakat via Media Sosial atau Iklan, dan cara pengambilan simpanan/tabungan, Kendala eksternalnya yaitu persaingan dari lembaga keuangan lain. Kendala Internal KSPPS Baitul Izza Sejahtera Serut yaitu Kurangnya SDM dalam Pengelolaan dan Penghimpunan Dana. Kendala eksternalnya meliputi kurangnya pemahaman masyarakat mengenai produk simpanan pendidikan, dan bagi yang rumahnya jauh kesulitan dalam melakukan setoran. Solusi dari kendala internal BMT Istiqomah Karangrejo adalah wearning solution dan pengambilan simpanan dengan orang tua, sedangkan untuk solusi dari kendala eksternal yaitu perbanyak agensi. Solusi dari kendala internal KSPPS Baitul Izza Sejahtera Serut adalah dilakukan perekrutan karyawan kembali, sedangkan untuk solusi dari faktor eksternal yaitu lebih meningkatkan intensitas sosialisasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait simpanan pendidikan, dan dibuatkan jadwal pengambilan simpanan di setiap sekolah atau madrasah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kepercayaan Anggota Pembiayaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 17401163241 Umul Masruroh
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:04
Last Modified: 17 Feb 2021 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18704

Actions (login required)

View Item View Item