ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREATS PADA dBELGA MART TULUNGAGUNG DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PASAR MODERN DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

RIDA VIRA PRANTIKA, 17402163031 (2021) ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREATS PADA dBELGA MART TULUNGAGUNG DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PASAR MODERN DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strengths, Weakness, Opportunity, Threats Pada dBelga Mart Tulungagung Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Pasar Modern Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam” ini ditulis oleh Rida Vira Prantika dibimbing oleh Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya jumlah pesaing yang menjalankan usaha di bidang yang sama dengan dBelga Mart Tulungagung, hal ini mengharuskan dBelga Mart Tulungagung mampu meningkatkan daya saing melalui analisis SWOT yang dijadikan sebagai metode untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis strengths, weakness, opportunity, threats pada dBelga Mart Tulungagung. (2) Bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing pada dBelga Mart Tulungagung. (3) Bagaimana upaya peningkatan daya saing pasar modern yang diterapkan oleh dBelga Mart Tulungagung. (4) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam pada dBelga Mart Tulungagung dalam meningkatkan daya saing. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Berdasarkan tingkat penjelasannya disebut penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan teknik kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Hasil analisis menunjukkan bahwa dBelga Mart Tulungagung memiliki 4 strategi yang bisa untuk digunakan yaitu SO, ST, WO dan WT. (2) Berdasarkan diagram SWOT posisi dBelga Mart Tulungagung berada di Kuadran I yang mendukung pertumbuhan agresif, strategi yang paling tepat untuk meningkatkan daya saing adalah strategi SO. (3) Upaya peningkatan daya saing pasar modern yang telah dilakukan oleh dBelga Mart sudah mencakup faktor daya saing yaitu lokasi, harga, pelayanan, mutu dan kualitas serta promosi. (4) Implementasi etika bisnis Islam di dBelga Mart Tulungagung sudah diterapkan dengan secara keseluruhan yaitu meliputi ketauhidan, kejujuran, tanggung jawab, keadilan, kehendak bebas, dan ihsan/kebaikan. Kata Kunci : Analisis SWOT, Daya Saing, dan Etika Bisnis Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163031 RIDA VIRA PRANTIKA
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:59
Last Modified: 18 Feb 2021 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item