IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG PASAR RAKYAT (Studi Kasus Pasar Rakyat Panjerejo Kabupaten Tulungagung)

ANNA MUNTADIRUL MAHFIROH, 17402163043 (2021) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG PASAR RAKYAT (Studi Kasus Pasar Rakyat Panjerejo Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Etika Bisnis Islam pada Perilaku Pedagang Pasar Rakyat (Studi Kasus Pasar Rakyat Panjerejo Tulungagung)” ini ditulis oleh Anna Muntadirul Mahfiroh, NIM. 17402163043, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi persaingan bisnis yang semakin tinggi menimbulkan para pelaku bisnis memanfaatkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan dan bahkan mengabaikan etika berdagang secara Islami. Pada saat ini banyak dijumpai beberapa perilaku pedagang pasar di pasar rakyat yang melakukan perdagangan secara tidak jujur, yaitu dengan menyembunyikan barang yang buruk dibawah barang yang baik dengan memberikan harga yang lebih murah tanpa diketahui oleh pembeli, banyak para penjual yang membeli dan memasok barang dari pedagang lain sebelum sampai di pasar untuk mengetahui harga pasar agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar, ada yang menakar tidak sesuai dengan umumnya dalam menakar dengan mengurangi jumlah timbangan dan banyak pedagang yang bersikap tidak ramah dalam memberikan pelayanan kepada pembeli sehingga pembeli merasa kurang nyaman. Fokus penelitian yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perilaku pedagang pasar rakyat Panjerejo Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam pada perilaku pedagang pasar rakyat Panjerejo Kabupaten Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data yang diperoleh, menyajikan data, menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitiannya adalah: (1) Perilaku pedagang pasar rakyat Panjerejo Tulungagung dalam menjalankan aktivitas bisnisnya sudah baik dan sudah menerapkan perdagangan yang sesuai dengan etika berdagang dalam Islam, seperti jujur dan adil dalam berdagang, (2) Implementasi Etika Bisnis Islam pada perilaku pedagang pasar rakyat Panjerejo Tulungagung sudah meneladani lima prinsip dalam Etika Bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan keihsanan. Bentuk perilakunya yaitu berupa pelayanan yang baik, bersikap ramah, sopan kepada pembeli, bermurah hati, jujur dan adil dalam takaran, menjual barang sesuai kualitas, mengutamakan kualitas yang baik, menetapkan harga dengan seimbang, percaya bahwa rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Pasar Rakyat

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163043 ANNA MUNTADIRUL MAHFIROH
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:13
Last Modified: 18 Feb 2021 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18665

Actions (login required)

View Item View Item