PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA DI MAN 1 TULUNGAGUNG DAN MAN 3 TULUNGAGUNG

EMY DIAN MASTURA, 12506184016 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA DI MAN 1 TULUNGAGUNG DAN MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Adversity Quotient Siswa Di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung .” ini ditulis oleh Emy Dian Mastura Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Tulungagung dengan Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Lingkungan Belajar Siswa, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Adversity Quotient Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kerjasamana lingkungan belajar siswa yakni antara keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mencapai keberhasilan seorang anak. Kurangnya kesadaran lingkungan belajar siswa bahwa membangun lingkungan yang kondusif akan mempengaruhi pendidikan anak. Karena itu lingkungan juga bisa mempengaruhi kecerdasan seseorang. Tetapi hingga saat ini masih banyak orang tua yang membanggakan anak yang mempunyai kecerdasan intelektual yang tinggi, padahal dalam mencapai kesuksesan bukan hanya kecerdasan intelektual yang di butuhkan melaikan keseimbangan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan adversity quotient. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh antara Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Kecerdasan Intelektual Siswa di MAN Se-Kabupaten Tulungagung? (2) Apakah terdapat pengaruh antara Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MAN SeKabupaten Tulungagung? (3) Apakah terdapat pengaruh antara Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di MAN Se-Kabupaten Tulungagung? (4) Apakah terdapat pengaruh antara Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Adversity Quotient Siswa di MAN Se-Kabupaten Tulungagung? (5) apakah terdapat pengaruh antara Pengaruh Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Adversity Quotient secara bersamaan siswa di MAN se-Kabupaten Tulungagung? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi Siswa MAN se-Tulungagung,. Dengan teknik sample random sampling diperoleh sampel MAN 1 dan MAN 3 dari siswa kelas X yang berjumlah 581, sampelnya diketahui 221 siswa. Variabel bebas: Lingkungan Belajar Siswa. Variabel terikat: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Adversity Quotient. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: Uji Validitas, Reliabilitas, Normalitas, Homogenitas Dan Manova dengan bantuan SPSS for Windows 25.0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar siswa terhadap kecerdasan intelektual yang ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,045 < 0,05 dengan R Square sebesar 0,174 yang menunjukkan bahwa prosentase sumbangan sebesar 17,4% . (2) Ada pengaruh yang signifikan xiv antara lingkungan belajar siswa terhadap kecerdasan emosional yang ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan R Square sebesar 0,331 yang menunjukkan bahwa prosentase sumbangan sebesar 33,1% (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar siswa terhadap kecerdasan spiritual yang ditunjukkan dari nilai signifikansi 3,697 > 0,05 dengan R Square sebesar 0,131 yang menunjukkan bahwa prosentase sumbangan sebesar 13,1%. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar siswa terhadap Adversity quotient yang ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan R Square sebesar 0,334 yang menunjukkan bahwa prosentase sumbangan sebesar 33,4%. (5) Ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Adversity Quotient yang ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,0

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 12506184016 EMY DIAN MASTURA
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:00
Last Modified: 27 Apr 2021 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18613

Actions (login required)

View Item View Item