KREATIVITAS PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUL HUDA KEDUNGBUNDER SUTOJAYAN BLITAR

AMIN CHOIRIYAH, 17205163034 (2020) KREATIVITAS PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUL HUDA KEDUNGBUNDER SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Pendidik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Miftahul Huda Kedungbunder Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Amin Choiriyah, NIM. 17205163034, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Kreativitas Pendidik, Motivasi Belajar Peserta Didik Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kreativitas pendidik dalam pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jadi kreativitas pendidik yaitu kemampuan untuk mengekspresikan dan mengkombinasikan sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih menarik. Seorang pendidik harus mampu menggunakan metode yang tepat, memilih media yang variatif, dan juga pengelolaan kelas yang dapat memberikan kenyamanan saat pembelajaran. Pendidik yang tidak lebih dari orang yang hanya menyampaikan materi pembelajaran, akan tetapi pendidik dituntut untuk dapat menunjukan kemampuannya dalam mengembangkan kreativitas mengajar. Dalam proses pembelajaran motivasi adalah aspek yang sangat penting, dengan adanya motivasi pembelajaran akan lebih maksimal dan peserta didik dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas pendidik dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Huda Kedungbunder Sutojayan Blitar ? (2) Bagaimana kreativitas pendidik dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Huda Kedungbunder Sutojayan Blitar ? (3) Bagaimana kreativitas pendidik dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Huda Kedungbunder Sutojayan Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kreativitas pendidik dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Huda Kedungbunder Sutojayan Blitar. (2) Untuk mengetahui kreativitas pendidik dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Huda Kedungbunder Sutojayan Blitar. (3) Untuk mengetahui kreativitas pendidik dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Huda Kedungbunder Sutojayan Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Yang mempunyai ciri-ciri antara lain latar alami, peneliti sebagai instrumen kunci, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Sumber datanya yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk analisis datanya penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data ada empat kriteria yang digunakan yaitu kepercayaan, ketergantungan, kepastian, dan keteralihan. Hasil penelitian tentang kreativitas ini menunjukan bahwa (1) dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi peserta didik seorang pendidik menggunakan metode yang bervariasi atau bermacam-macam dan disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan pada peserta didik.(2) dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi peserta didik pendidik menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, kondisi peserta didik, dan juga tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. (3) pengelolaan kelas yang dilakukan pendidik untuk meningkatkan motivasi peserta didik yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menjaga kebersihan dan kesegaran kelas, selain itu pendidik dalam mengatur pola tempat duduk yang dilakukan secara bergantian dan memang disesuaikan dengan metode pembelajaran, selalu menghargai hal-hal positif yang telah dikerjakan oleh para peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163034 AMIN CHOIRIYAH
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:31
Last Modified: 26 Apr 2021 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18611

Actions (login required)

View Item View Item