KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA (Studi Multisitus Pondok Pesantren Darul Falah Tulungagung dan Pondok Pesantren Al-Ma’arif Blitar)

MUHAMMAD ULIL MUBAROK, 12501184018 (2020) KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA (Studi Multisitus Pondok Pesantren Darul Falah Tulungagung dan Pondok Pesantren Al-Ma’arif Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul, “Kepemimpinan Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia (Studi Multisitus Pondok Pesantren Darul Falah Tulungagung dan Pondok Pesantren Al-Ma’arif Blitar)” ini ditulis oleh Muhammad Ulil Mubarok dengan promotor Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag, dan Dr. Nur Efendi, M.Ag Kata kunci: kepemimpinan, pondok pesantren, sumber daya manusia Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai keunggulan, baik dalam tradisi keilmuannya, maupun pada sisi transmisi dan internalisasi moralitasnya. Di sisi lain pesantren juga merupakan pendidikan yang dapat memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. kepemimpinan di pondok pesantren juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya kualitas sumberdaya manusia. Keberhasilan pendidikan di pesantren tidak lepas dari peran seorang pemimpin. Peran seorang kyai dalam kemajuan pondok pesantren sangatlah kuat. Kyai merupakan figur sentral yang memiliki banyak peran, mulai dari sebagai pemimpin, pondok sementara, guru dan mentor. Dalam penelitian tesis ini untuk menjawab fokus masalah (researchquestions) peran pemimpin pondok pesantren dan tipe kemimpinan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana peran pemimpin Pondok Pesantren Darul Falah dan PondokPesantren Al-Ma’arif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia?; (2) Bagaimana tipe kepemimpinan Pondok Pesantren Darul Falah dan Pondok Pesantren Al-Ma’arif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia?; dan (3) Bagaimanakah kualitas sumber daya manusia di Pondok Pesantren Darul Falah Tulungagung dan Pondok Pesantren Al-Ma’arif Blitar? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpuan serta menggunakan analisis situs tunggal dan analisis data lintas situs. Pengecekkan keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability, confirmability Berdasarkan hasi penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa (1) Peran pemimpin dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Pondok Pesantren Darul Falah dan Pondok Pesantren Al-Ma’arif sebagai perencana pogram, penentu kebijakan, pelaksana dan pengawasan pondok pesantren. (2) Tipe kepemimpinan yang terdapat dipondok pesantren Darul Falah adalah tipe kepemimpinan karismatik dan demokratis sedangkan kepemimpinan di pondok pesantren Al-Ma’arif adalah kepemimpinan secara demokratis. (3) Kualitas sumberdaya manusia di pondok Pesantren Darul Falah dan pondok pesantren Al-Ma’arif adalah memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik terutana dalam bidang ilmu penguatan agama. Serta cakap dan terampil dalam keilmuan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr 12501184017 muhammad Kanzul Firdaus
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:31
Last Modified: 28 Apr 2021 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18584

Actions (login required)

View Item View Item