PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSERIES PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS III DI MI-AL-HIKMAH KABUPATEN TULUNGAGUNG

NISA NURKARIMA, 12506184040 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSERIES PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS III DI MI-AL-HIKMAH KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis ini dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Webseries Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III di MI Al-Hikmah Kabupaten Tulungagung”, ditulis oleh Nisa Nurkarima dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Webseries, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian dan pengemabangan ini dilatarbelakangi pembelajaran berbasis membaca buku yang beberapa kurun waktu terakhir mengalamin penurunan, karena perkembangan teknologi yang membuat generasi milineal khususnya peserta didik banyak yang memilih gadget dari pada buku cetak untuk belajar. Faktor minat baca yang rendah terhadap buku memberi, andil mengapa banyak orang memilih gadget. Faktor rendahnya minat baca memberi andil pula terhadap rendahnya kualitas sumber daya manusia, padahal memasuki abad-21 tantangan pendidikan semakin kompleks dalam menyiapkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing secara global. Pendidikan sebagai salah satu cara untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia juga harus mengalami perubahan. Misalnya pembelajaran yang selama ini bergantung membaca buku, penggunaan metode ceramah perlu dilakukan perubahan, seperti penggunaan media pembelajaran agar proses belajar peserta didik lebih semangat dan termotivasi belajar. Pengembangan media pembelajaran berbasis webseries ini dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran peserta didik. Kelebihan media berbasis webseries ini mudah dioperasikan dan video memuat gambar, audio, serta animasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis webseries pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bab keadaan sosial budaya masyarakat Arab pra-Islam kelas III yang valid dan efektif? 2. Apakah produk pengembangan media pembelajran berbasis webseries mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bab keadaan sosial budaya masyarakat Arab pra-Islam kelas III? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian inia adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4-D. Model ini terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu define, design, development, dan disseminate. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas III di MI AL-HIKMAH. Instrumen penilaian yang digunakan untuk menentukan hasil belajar adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa : 1. Produk media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media dengan presentase 87,5% dan 75% dengan kriteria “sangat layak dan layak”. Media yang dikembangkan dinyatakan efektif berdasarkan hasil rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media 87,1 dan setelah menggunakan media 92,4. 2. Hasil Independent Sampe T-test menunjukkan sig (2-tailed) adalah 0.002. Nilai tersebut kurang dari 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan setelah proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik lebih baik setelah menggunakan webseries.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506184040 NISA NURKARIMA
Date Deposited: 05 Mar 2021 01:56
Last Modified: 05 Mar 2021 01:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item View Item