ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Pada Gethuk Pisang Mekar Sari Ngadiluwih Kabupaten Kediri)

HANIK FITRIANI, 17402163147 (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Pada Gethuk Pisang Mekar Sari Ngadiluwih Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Pada Gethuk Pisang Mekar Sari Ngadiluwih Kabupaten Kediri)” ini ditulis oleh Hanik Fitriani, NIM 17402163147, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M. Ag. Maraknya persaingan usaha di era modern seperti sekarang ini, pengusaha diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya, dengan cara merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran dengan tepat. Gethuk pisang mekar sari merupakan salah satu usaha yang merasakan dampak dari persaingan usaha di bidang makanan tradisional. Gethuk pisang mekar sari menggunakan strategi pemasaran 7P meliputi produk, harga, promosi, tempat, orang/SDM, bukti fisik dan proses. Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Gethuk Pisang Mekar Sari untuk menghadapi persaingan usaha?, 2) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Gethuk Pisang Mekar Sari untuk menghadapi persaingan usaha ditinjau dari Ekonomi Islam?, 3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan bauran pemasaran yang dihadapi oleh Gethuk Pisang Mekar Sari?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) produk, dengan menjaga dan mempertahankan kualitasnya. 2). harga, dengan memberikan harga yang terjangkau. 3) promosi, promosi dilakukan melalui personal selling dan interactive online marketing (media whatsapp). 4) lokasi, alamat produksi gethuk pisang Dusun Tegalrejo Desa Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri sedangkan lokasi penjualan berada di jalur utama jalan raya Kediri-Tulungagung. 5). Orang/SDM, memberikan kriteria untuk calon karyawan seperti memiliki attitude yang baik, sopan dan ramah serta memiliki sifat jujur. 6). Bukti fisik, gethuk pisang mekar sari memiliki rumah produksi sendiri dan toko penjualan (sewa), memiliki area parkir, serta selalu menjaga kebersihan dan kerapian tokonya. 7). proses, gethuk pisang mekar sari memiliki peralatan dan perlengkapan yang lengkap serta produsen selalu memperhatikan proses produksinya. Kata Kunci: Ekonomi Islam, Persaingan Usaha, Strategi Pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163147 HANIK FITRIANI
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:15
Last Modified: 15 Feb 2021 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18568

Actions (login required)

View Item View Item