PELAYANAN KOMPLAIN KONSUMEN OLEH PENJUAL AKIBAT JUAL BELI MAKANAN KEMASAN KADALUWARSA DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN NOMOR 8 TAHUN 1999 (Studi pada Beberapa Pertokoan di Kelurahan Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)

AJENG STARKEY, 17101163088 (2020) PELAYANAN KOMPLAIN KONSUMEN OLEH PENJUAL AKIBAT JUAL BELI MAKANAN KEMASAN KADALUWARSA DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN NOMOR 8 TAHUN 1999 (Studi pada Beberapa Pertokoan di Kelurahan Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ajeng Starkey, 17101163088, Pelayanan Komplain Konsumen Oleh Penjual Akibat Jual Beli Makanan Kemasan Kadaluwarsa (Studi pada Beberapa Pertokoan di Kelurahan Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. H Ahmad Muhtadi Ansor, M.Ag. Kata Kunci: Komplain, Jual, Beli, Makanan, Kadaluwarsa. Penelitian ini dilatar belakangi adanya sengketa akibat jual beli makanan kemasan kadaluwarsa di Tulungagung banyak ditemukan produk makanan kemasan kadaluwarsa di beberapa pertokoan serta tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada produknya, sehingga banyak konsumen yang dirugikan apabila membeli produk pangan yang sudah lewat tanggal kadaluwarsa. Rumusan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelayanan komplain konsumen oleh penjual makanan kemasan kadaluwarsa di Tulungagung, 2) Bagaimana perspektif fiqh Muamalah terhadap pelayanan komplain konsumen makanan Kemasan kadaluwarsa di Tulungagung. 3) Bagaimana tinjauan UndangUndang No.8 Tahun 1999 terhadap pelayanan komplain konsumen terhadap makanan kemasan kadaluwarsa di Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui pelayanan komplain konsumen oleh penjual makanan kemasan kadaluwarsa di Tulungagung 2) Untuk mengetahui perspektif fiqh Muamalah terhadap pelayanan komplain konsumen terhadap makanan Kemasan di Tulungagung, 3) Untuk mengetahui tinjauan UndangUndang No.8 Tahun 1999 terhadap pelayanan komplain konsumen kemasan kadaluwarsa di Tulungagung. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, atau penelaah dokumen. Sedangkan Teknik Analisa data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Penjual melayani komplain pembeli terkait jual beli barang kadaluwarsa dengan memberikan ganti rugi. 2) Sikap penjual sudah sesuai Hukum Islam, transaksi akad antara penjual dan pembeli termasuk dalam kiyar aib, dimana pembeli memiliki hak untuk membatalkan atau meneruskan akad bilamana ditemukan cacat, sedangkan garansi atau ganti rugi merupakan bagian dari suatu perjanjian dimana penjual menanggung kebaikan atau keberesan barang yang dijual pada waktu tertentu atau pada saat itu juga. 3) Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 dalam melaksanakan pelayanan komplain sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang terdapat dalam Pasal 19 Ayat 2 yang menjelaskan tentang tanggung jawab produsen dan pasal 8 ayat 1 huruf (a) yang berisi tentang kewajiban produsen dalam memenuhi hak-hak konsumen. Yaitu melakukan ganti rugi secara materil atau menggantinya dengan barang yang senilai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 17101163088 AJENG STARKEY
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:32
Last Modified: 15 Apr 2021 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item