STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAK AL-KARIMAH SISWA (Studi Multisitus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Dan MA Raden Paku Trenggalek)

MUHAMMAD FAJAR ABRORI, 1756144034 (2016) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAK AL-KARIMAH SISWA (Studi Multisitus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Dan MA Raden Paku Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Fajar Abrori, NIM. 1756144034, " Strategi Ustadz dalam Membina Akhlak al-Karimah Siswa (Studi Multisitus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MA Raden Paku Trenggalek)”, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, dan Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Kata Kunci: Strategi Ustadz, Akhlak al-Karimah Akhlak merupakan masalah yang cukup besar di Indonesia. Pembinaan terhadap akhlak perlu ditingkatkan karena banyak yang tidak berhasil. Maka dari itu, guru atau ustadz wajib mempunyai strategi untuk membina siswa dalam berakhlak yang baik. Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana strategi pembelajaran ustadz dalam membina akhlak al-karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MA Raden Paku Trenggalek 2) Bagaimana strategi keteladanan ustadz dalam membina akhlak al-karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MA Raden Paku Trenggalek. 3) Bagaimana srategi pembiasaan ustadz dalam membina akhlak al-karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MA Raden Paku Trenggalek. Tujuan penelitian: untuk mengetahui, mendeskripsikan dan memahami 1) Strategi pembelajaran ustadz dalam membina akhlak al-karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MA Raden Paku Trenggalek 2) Strategi keteladanan ustadz dalam membina akhlak al-karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MA Raden Paku Trenggalek. 3) Srategi pembiasaan ustadz dalam membina akhlak al-karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MA Raden Paku Trenggalek. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya di MA Darul Hikmah dan MA Raden Paku, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas situs, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kreadibilitas, dependenbilitas, transfarbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian: 1) Jika guru mendidik anak didik secara aqliyah, dan juga menanamkan nilai-nilai kepada anak didik dalam kegiatan pembelajaran sehari hari, maka kegiatan dan model pendidikannya mempunyai ciri khas masing masing 2) Jika guru harus menjadi teladan dalam menanamkan akhlak karimah kepada peserta didik untuk menumbuhkan kesadaran berakhlak, maka guru harus mempunyai akhlak yang baik, dan 3) Jika pembiasaan yang dilakukan oleh guru pendidikan Islam dalam menanamkan akhlak mahmudah, maka guru harus melakukan pembiasaan kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756144034 MUHAMMAD FAJAR ABRORI
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:36
Last Modified: 28 Apr 2021 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item View Item