PENGARUH MODEL’PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGANTRU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

MUHAMMAD MAULFI MAHRIZAL, 17203163162 (2020) PENGARUH MODEL’PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGANTRU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Mahrizal, Muhammad Maulfi, 17208163026, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Problem”Based”Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kelas VII SMPN 2 Ngantru Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,”IAIN Tulungagung. Pembimbing: M. Luqman Hakim Abbas, S. Si., M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa belum”tampak jelasdan siswa belum terlibat aktif dalam mengikuti”proses pembelajaran. Model pembelajaran yang sering guru gunakan adalah model pembelajaran”langsung (konvensional) atauberpusat pada guru (teacher”center) yang”menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang tertarik dalam proses”pembelajaran. Hal ini tentu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai altelnatif untuk masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru.(2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru.(3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritisdan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru.(4) Mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa”kelas VII SMPN 2 Ngantru Pendekatan penelitian yang digunakan”adalah metode”penelitian kuantitatif.Jenis penelitianini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan bentuk desain Nonequivalen Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru, dengan pengampilan sampel jenis Sampling Insidental. Sampel penelitian”adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan”’kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan”dengan tes (post-test) dan dokumentasi. Analisi data menggunakan Uji T-test, Uji Manova dan Uji”Korelasi”melalui bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui”(1) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan berpikir kritissiswa, ditunjukkan dari nilai”sig. (2-tailed) menunjukkan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,01 < 0,05. Serta didukung dari hasil teskemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang memiliki mean sebesar 3,4 sedangkan pada kelaskontrol memiliki mean 3,1.(2) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan dari”nilai sig. (2-tailed) menunjukkan lebih”kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Selain itu juga didukung dari hasil”belajar siswa kelas eksperimen yang memiliki mean sebesar 82,9 sedangkan pada kelas kontrol memiliki mean 73,7.(3) Ada pengaruh model”pembelajaran Problem”Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, ditunjukkan dari nilai signifikansi Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace danRoy's Largest Root adalah 0,000 < 0,05.(4) Ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, ditunjukkan”dari nilai sig. kemampuan berpikir kritisadalah 0,034 < 0,05 dan nilai sig. hasil belajar 0,034 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritisdan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Skripsi 17208163026 Muhammad Maulfi Mahrizal
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:48
Last Modified: 13 Apr 2021 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18494

Actions (login required)

View Item View Item