MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA JENJANG PAKET C (Studi Multisitus Di PKBM Usaha Mandiri Blitar dan PKBM Alfa Salam Tulungagung)

NINGTIYAS FIFI ANDRIANI, 12501184020 (2020) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA JENJANG PAKET C (Studi Multisitus Di PKBM Usaha Mandiri Blitar dan PKBM Alfa Salam Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Jenjang Paket C di PKBM Usaha Mandiri Blitar Dan PKBM Alfa Salam Tulungagung” ini ditulis oleh Ningtiyas Fifi Andriani dengan dibimbing oleh Prof. Dr. Drs. H. Munardji, M.Ag dan Dr. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Paket C, Mutu Pendidikan. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013 untuk pendidikan kesetaraan. Meskipun penerapannya sedikit tertinggal dengan sekolah formal, hal ini harus diberlakukan dikarenakan ijazah Paket C yang lulus Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) legalitasnya sama dengan ijazah sekolah formal. Dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas maka diperlukan manajemen kurikulum dengan memperhatikan tujuan pendidikan, bahan ajar, proses implementasi dan evaluasi kurikulum. Manajemen kurikulum merupakan komponen yang penting dalam lembaga pendidikan, menentukan arah tujuan pendidikan dan berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Pendidikan dikatakan berkualitas apabila telah mampu menciptakan output dengan hasil yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan lembaga pendidikan. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan pada jenjang Paket C di PKBM Usaha Mandiri Blitar dan PKBM Alfa Salam Tulungagung?; (2) Bagaimana pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan pada jenjang Paket C di PKBM Usaha Mandiri Blitar dan PKBM Alfa Salam Tulungagung?; (3) Bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan pada jenjang Paket C di PKBM Usaha Mandiri Blitar dan PKBM Alfa Salam Tulungagung?; (4) Bagaimana evaluasi kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan pada jenjang Paket C di PKBM Usaha Mandiri Blitar dan PKBM Alfa Salam Tulungagung? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis situs tunggal dan analisis data lintas situs. Pengecekkan keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum Paket C yaitu: mengadakan rapat koordinasi terkait dalam perumusan rencana perangkat pembelajaran dan mengundang pengawas untuk sosialisasi terkait penyusunan perangkat pembelajaran; (2) Pengorganisasian kurikulum Paket C yaitu: a) terdapat struktur organisasi lembaga pendidikan artinya membagi seluruh beban kerja sesuai dengan kulifikasinya, b) menetapkan mekanisme kerja untuk mengkoordinasikan pekerjaan di PKBM, c) melakukan monitoring untuk meningkatkan efektivitas di lembaga pendidikan. (3) Pelaksanaan kurikulum Paket C yaitu terdapat 3 indikator meliputi 20% tatap muka, 30% tutorial, dan 50% mandiri, meliputi: a) kesiapan tutor dalam pelaksanaan kurikulum di lembaga jenjang pendidikan Paket C serta kesiapan silabus kegiatan belajar mengajar berlangsung, b) pengetahuan dan program-program pemberdayaan PKBM untuk warga belajar maupun masyarakat. c) terdapat hidden curriculum yaitu pelaksanaan shalat berjamaah Ashar yang dilakukan bagi penganut agama Islam; (4) Evaluasi kurikulum Paket C yaitu: a) evaluasi input yang meliputi alokasi waktu yaitu ujian modul (warga belajar diwajibkan menghabiskan 15 modul mulai dari tingkatan X-XII) kemudian UNPK, b) evaluasi proses yang meliputi pembahasan evaluasi terkait permasalahan/kendala-kendala yang belum tuntas tentang perangkat pembelajaran; c) evaluasi output meliputi perbaikan kurikulum kedepannya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501184020 NINGTIYAS FIFI ANDRIANI
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:40
Last Modified: 28 Apr 2021 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item View Item