MIRA DEWI, 17210163093 (2020) ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI DALAM WACANA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI 2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
Abstract
Buku teks merupakan buku yang digunakan untuk mata pelajaran tertentu yang berisi materi pelajaran yang akan diajarkan. Buku teks disusun berdasarkan kurikulum yang saat ini sedang berlaku. Saat ini pendidikan di Indonesia sedang menerapkan kurikulum 2013. Jadi, untuk saat ini buku teks yang digunakan oleh peserta didik di Indonesia untuk belajar adalah buku teks kurikulum 2013. Pengadaan buku teks K13 yang dilaksanakan oleh Kemendikbud mencakup beberapa mata pelajaran, salah satunya yaitu buku teks bahasa Indonesia. Buku teks bahasa Indonesia untuk kelas X kurikulum 2013 revisi 2017 di dalamnya banyak mengandung wacana. Ideal atau tidaknya wacana yang terkandung dalam buku teks di antaranya dapat diteliti unsur kohesi dan koherensinya. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti kohesi dan koherensi dalam wacana buku teks bahasa Indonesia untuk kelas X kurikulum 2013 Revisi 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kohesi dan koherensi apa saja yang terkandung dalam teks bab 2, bab 7, dan bab 8 buku teks bahasa Indonesia untuk kelas X kurikulum 2013 Revisi 2017. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini yaitu wacana yang terkandung pada bab 2, bab 7, dan bab 8 buku teks bahasa Indonesia untuk kelas X kurikulum 2013 Revisi 2017. Data pada penelitian ini berupa penggalan/kutipan wacana yang mengandung kohesi atau koherensi. Adapun pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi dan teknik catat. Untuk menghindari kesalahan diadakan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kohesi yang ditemukan dalam penelitian dibedakan menjadi 2, yakni kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Jenis kohesi gramatikal yang ditemukan peneliti meliputi: referensi sebanyak 35 kutipan, substitusi sebanyak 4 kutipan, ellipsis sebanyak 5 kutipan, dan konjungsi sebanyak 37 kutipan. Sedangkan jenis kohesi leksikal yang ditemukan peneliti meliputi repetisi sebanyak 15 kutipan, sinonimi sebanyak 4 kutipan, antonimi sebanyak 8 kutipan, dan ekuivalensi sebanyak 2 kutipan. 2) Koherensi yang ditemukan dalam penelitian dibedakan menjadi 2, yakni kohesi berpenanda dan koherensi tidak berpenanda. Jenis koherensi berpenanda yang ditemukan peneliti meliputi: koherensi kausalitas sebanyak 2 kutipan, koherensi kontras sebanyak 3 kutipan, koherensi temporal sebanyak 1 kutipan, koherensi kronologis sebanyak 1 kutipan, dan koherensi perurutan sebanyak 1 kutipan. Sedangkan jenis koherensi tidak berpenanda yang ditemukan peneliti meliputi: koherensi perincian sebanyak 1 kutipan dan koherensi perian sebanyak 3 kutipan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210163093 Mira Dewi |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:21 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18452 |
Actions (login required)
View Item |