TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI SHARE IN JAR DALAM PEMASARAN KOSMETIK (Studi Kasus Produk Nature Republic Aloe Vera di Khoyiir Store Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung)

DIAH AYU RETNO BIDARI, 17101163104 (2020) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI SHARE IN JAR DALAM PEMASARAN KOSMETIK (Studi Kasus Produk Nature Republic Aloe Vera di Khoyiir Store Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK Diah Ayu Retno Bidari, 17101163104, Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Share in Jar dalam Pemasaran Kosmetik (Studi Kasus di Khoyiir Store Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag, M.H.I. Kata kunci :Etika Bisnis Islam, Strategi Share in Jar, Pemasaran Kosmetik Penelitian ini dilatarbelakangi adanya strategi share in jar yang terjadi di Khoyiir Store Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Strategi share in jar dilarang karena dapat merugikan orang lain. Apalagi jika tidak sesuai dengan etika bisnis islam maka para penjual disarankan untuk tidak menggunakan strategi ini dikarenakan dalam prosedur pengemasan bisa terjadi pengurangan kadar yang terkandung dalam kosmetik itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi share in jar dalam pemasaran dan dalam meningkatkan volume penjualan produk kosmetik Nature Republic Aloe Vera di Khoyiir Store Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulunagung, 2) Bagaimana strategi share in jar dalam pemasaran dan dalam meningkatkan volume penjualan produk kosmetik Nature Republic Aloe Vera di Khoyiir Store Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung ditinjau dari etika bisnis Islam. Adapun tujuan penelitian ini anatara lain : 1) Untuk mendiskripsikan strategi share in jar dalam pemasaran dan dalam meningkatkan volume penjualan produk kosmetik Nature Republic Aloe Vera di Khoyiir Store Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk menganalisis strategi share in jar dalam pemasaran dan dalam meningkatkan volume penjualan produk kosmetik Nature Republic Aloe Vera di Khoyiir Store Kecamatan Tulungagung ditinjau dari etika bisnis Islam. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan proses pengumpulan data, pembersihan data, penyederhanaan/meringkas data, penyajian dalam bentuk deskriftif verbalitas, penelitian kembali, dan perumusan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Dalam strategi share in jar penjual membeli produk asli kemudian dibagi dalam kemasan yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana dengan harga lebih ekonomis. Dalam meningkatkan volume penjualan produk kosmetik penjual mempromosikan produk dengan memposting di media sosial seperti facebook, instagram, dan e comerce seperti shopee. 2) Sistem share in jar pada Toko Khoyiir diTulungagung barang yang dijual dalam keadaan baik tetapi setelah dikemas dalam wadah yang baru, tidak ada kejelasan spesifikasi produk dan proses sterilisasi dalam pengemasannya. Maka jual beli kosmetik share in jar berdasarkan analisis manfaat dan mudharatnya, tidak diperbolehkan karena kosmetik share in jar tersebut dikhawatirkan melampui batas kadalursa dan kesterilisasi dalam pengemasan yang dapat menimbulkan bahaya pada konsumen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163104 DIAH AYU RETNO BIDARI
Date Deposited: 09 Feb 2021 08:13
Last Modified: 16 Apr 2021 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18441

Actions (login required)

View Item View Item