PENGARUH KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

EVIANI, DYAS EKO (2015) PENGARUH KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V + daftar pustaka + lampiran.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ditulis oleh Dyas Eko Eviani dibimbing Dr. H. Akhyak, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Visual-Spasial, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ada banyaknya kecerdasan yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Tetapi Indonesia masih cenderung mengoptimalkan satu atau dua potensi kecerdasan saja, yaitu matematika dan linguistik. Dalam pelajaran matematika tidak hanya menghitung angka, tetapi juga memahami objek-objek khususnya dalam materi geometri. Hal ini membutuhkan kecerdasan visual-spasial siswa. Apabila tingkat kecerdasan visual-spasial siswa tinggi akan berpengaruh pula terhadap hasil belajar matematika siswa. Sehingga peneliti ingin melihat pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap hasl belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015, dan (2)Untuk mengetahui besar pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis dalam penelitian ini adalah assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 387 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil kelas VIII-D sebagai sampel penelitian sebanyak 40 siswa. Dalam analisis data, peneliti menggunakan SPSS dengan uji korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi diperoleh rhitung = 0,673. Melihat taraf signigikansi 5% pada taraf r product moment dengan dk = n – 2 = 40 – 2 = 38 diperoleh pada taraf 5% = 0,320. Sehingga rhitung > rtabel dan pada taraf signifikansi bernilai 0,000 < 0,05, artinya ada hubungan yang positif dan signifikan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis uji regresi linier sederhana didapat besar pengaruh yang ditentukan oleh koefisien determinasi r2 = 0,453 atau sebesar 45,3%. Ini berarti 54,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang belum dimasukkan dalam model. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dapat melihat tabel Anova dimana nilai fhitung = 31,427 dan ftabel = 4,098, maka fhitung > ftabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: DYAS EKO EVIANI
Date Deposited: 27 Aug 2015 02:30
Last Modified: 27 Aug 2015 02:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1844

Actions (login required)

View Item View Item