PELIBATKAN ANAK DALAM KEGIATAN KAMPANYE PARTAI POLITIK DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Kasus di Kabupaten Tulungagung)

SATRIA ATMAJA DARU, 17104163097 (2020) PELIBATKAN ANAK DALAM KEGIATAN KAMPANYE PARTAI POLITIK DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Kasus di Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelibatkan Anak dalam Kegiatan Kampanye Parta Politik dalam Perspektif Fiqih Siyasah (Studi Kasus di Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Satria Atmaja Daru, NIM. 17104163097, Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2020. Pembimbing Dr. H. Asmawi Mahfudz M. Ag. Kata Kunci: Kampanye Partai Politik, Fiqih Siyasah Di Tulungagung sering kita jumpai anak-anak yang diikutsertakan dalam kampanye partai politik. Larangan tersebut sudah jelas diatur dalam Pasal 15 UU Perlindungan Anak. Dalam situasi riil politik dan perilaku politik saat ini, sangat mungkin sekali terjadi penyalahgunaan dan pelanggaran hak anak dalam pelibatan aktivitas kampanye. Penyalahgunaan dan pelanggaran tersebut dapat berdampak pada kesehatan psikologis dan fisik anak. Maraknya pelibatan anak dalam kampanye serta dampak buruk yang dapat ditimbulkan, menjadi alasan penulis untuk membahas mengenai (1) Bagaimana perlibatan anak dalam kegiatan kampanye partai politik di Kabupaten Tulungagung berdasarkan hukum positif, (2) Bagaimana perlibatan anak dalam kegiatan kampanye partai politik di Kabupaten Tulungagung dalam perspektif fiqih siyasah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Pendekatan masalah yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Perlindungan hukum terhadap anak yang diikutsertakan dalam kampanye partai politik di Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 telah diperbaharui oleh Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 disebut sebagai Undang-Undang Perlindungan Anak. Berdasarkan aturan-aturan tersebut partai politik dilarang mengikutsertakan anak dalam kegiatan kampanye partai politik. (2) Di dalam fiqh siyasah kampanye dengan melibatkan anak tidak boleh dilakukan jika menyalahi aturan-aturan yang menunjukan perbudakan pada anak. Akan tetapi jika kampanye tersebut memang memberikan manfaat bagi anak tersebut masih diperbolehkan mengingat dalam fiqh Siyasah belum dijelaskan secara detail mengenai hal ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 17104163097 SATRIA ATMAJA DARU
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:54
Last Modified: 29 Apr 2021 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18430

Actions (login required)

View Item View Item