PENUKARAN UANG KEMBALIAN DENGAN BARANG MENURUT PERSPEKTIF KONSUMEN, ‘URF, DAN UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)

AYU TRIANASARI, 17101163115 (2021) PENUKARAN UANG KEMBALIAN DENGAN BARANG MENURUT PERSPEKTIF KONSUMEN, ‘URF, DAN UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Ayu Trianasari, 17101163115, Penukaran Uang Kembalian dengan Barang menurut Perspektif Konsumen, ‘Urf, dan Undang-Undang No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Hj. Indri Hadisiswati, S.H., M.H Kata kunci: Uang Kembalian, Jual Beli, ‘Urf, Undang-Undang Perlindungan Konsumen Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hak konsumen yang tidak terpenuhi dalam transaksi jual beli, sehingga menimbulkan ketidakpuasan. Hal ini disebabkan karena uang kembalian yang seharusnya diterima konsumen dalam bentuk uang, namun oleh pelaku usaha ditukar dengan barang lain. Transaksi seperti ini telah terjadi sejak lama dan berulang-ulang, sehingga sudah seperti adat atau kebiasaan pada masyarakat di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi konsumen di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar terhadap penukaran uang kembalian dengan barang? (2) Bagaimana penukaran uang kembalian dengan barang di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar ditinjau dari ‘urf? (3) Bagaimana penukaran uang kembalian dengan barang ditinjau dari undang-undang no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Sumber penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar konsumen di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar memiliki pandangan tidak setuju (kontra) jika uang kembaliannya ditukar dengan barang lain. Namun hal itu tidak serta merta membuat seluruh konsumen protes atau bersikap memberontak, mereka cenderung menunjukkan sikap diam dan pasrah kepada pelaku usaha. (2) Penukaran uang kembalian konsumen ditinjau dari klasifikasi ‘urf, yaitu sebagian tergolong ‘urf shahih karena kebiasaan tersebut merupakan perbuatan yang tidak haram, dan biasanya dilakukan dalam kondisi darurat saja. Sebagiannya lagi tergolong ‘urf fasid sebab dalam praktiknya masih belum ada unsur kerelaan dari konsumen, sehingga bertentangan dengan ketentuan syara’ dalam QS. An-Nisa’ ayat 29. (3) Mayoritas pandangan konsumen yaitu kurang mengetahui adanya UUPK dan enggan untuk memperkarakan haknya yang telah terciderai melalui jalur hukum. Padahal, secara yuridis UUPK telah mengatur berbagai kepentingan konsumen maupun pelaku usaha. Namun faktanya sikap konsumen sendiri yang telah mengabaikan haknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 17101163115 AYU TRIANASARI
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:38
Last Modified: 10 Feb 2021 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18428

Actions (login required)

View Item View Item