IMPLEMENTASI PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM (Studi Multi Situs di SMA AWH Tebu Ireng Jombang dan SMK Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri)

BASORI AHMAD, 12506184010 (2020) IMPLEMENTASI PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM (Studi Multi Situs di SMA AWH Tebu Ireng Jombang dan SMK Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim (Studi Multisitus di SMA AWH Tebu Ireng Jombang dan SMK Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri)” ini ditulis oleh Basori Ahmad dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. H. Imam Junaris. S.Ag., M.H.I. Kata kunci: Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi, bahwa tingginya kualitas akademik yang menjadi faktor sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa tidak cukup kuat untuk mengikis degradasi moral para generasi muda. Sejauh ini, pendikan hanya mengunggulkan satu aspek saja, yaitu transfer of knowledge, kurang sekali memberikan asupan moral yang sangat penting artinya. Sejalan dengan itu, kurikulum nasional harus diformulasikan dengan kurikulum berbasis pesantren yang berbau religius dan sufisitk, demi membentuk insan yang pintar juga benar. Fokus penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang signifikasi pendidikan dalam kitab Adabul ‘alim wal Muta’allim? (2) Bagaimana implementasi pemikiran KH. Hasyim Ay’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim bagi pendidik di SMA Abdul Wahid Hasyim Tebu Ireng Jombang dan SMK Al Mahrusiyah Lirboyo? (3) Bagaimana implementasi pemikiran KH. Hasyim Ay’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim bagi peserta didik di SMA Abdul Wahid Hasyim Tebu Ireng Jombang dan SMK Al Mahrusiyah Lirboyo? Tesis ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui implementasi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang signifikasi pendidikan dalam kitab Adabul ‘alim wal Muta’allim. (2) Untuk mengetahui implementasi pemikiran KH. Hasyim Ay’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim bagi pendidik di SMA Abdul Wahid Hasyim Tebu Ireng Jombang dan SMK Al Mahrusiyah Lirboyo. (3) Untuk mendeskripsikan implementasi pemikiran KH. Hasyim Ay’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim bagi peserta didik di SMA Abdul Wahid Hasyim Tebu Ireng Jombang dan SMK Al Mahrusiyah Lirboyo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui obsevasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs hingga kemudian ditarik kesimpulan berbasarkan hasil analisis. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Implementasi pemikiran KH. Hasyim asy’ari tentang signifikasi Pendidikan yang dimaksud adalah keutamaan ilmu dan keutamaan belajar dan mengajarkan ilmu yang telah dicapainya (2) Hasil implementasi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari etika seorangpendidik di SMA AWH Tebu Ireng Jombang dan SMK Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri menunjukkan hasil terdapat beberapa kesamaan dari kedua lokasi penelitian yaitu proses dalam membuka pembelejaran, menyiapkan kurikulum, materi yang akan diajarkan, menghadapi seluruh peserta didik dengan sikap penuh perhatian tanpa pilih kasih, menyampaikan materi secara terperinci, mengajar secara profe sional sesuai dengan bidangnya, melakukan evaluasi, memberikan teladan yang baik, dan hendak bersuci ketika akan memulai pelajaran, (3) Hasil implementasi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang etika seorang peserta didik di SMA AWH Tebu Ireng Jombang dan SMK Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri menunjukkan hasil bahwa peserta didik pada kedua lokasi tersebut telah memiliki dan melaksanakan etika yang telah diajarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari, seperti membagi waktu belajar secara rutin, rukun, bersikap sopan terhadap siapapun terutama guru, mes kipun belum terlaksana semua.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506184010 BASORI AHMAD
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:17
Last Modified: 26 Apr 2021 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18420

Actions (login required)

View Item View Item