MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENGEMBANGKAN MADRASAH ALIYAH PENYELENGGARA PROGRAM KETERAMPILAN (Studi Multikasus di MAN 1 Kota Kediri dan MA Ma’arif Udanawu Kab. Blitar)

ABDUL MALIK SATARI, 1250 117 4001 (2019) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENGEMBANGKAN MADRASAH ALIYAH PENYELENGGARA PROGRAM KETERAMPILAN (Studi Multikasus di MAN 1 Kota Kediri dan MA Ma’arif Udanawu Kab. Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Strategik dalam Mengembangkan Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan (Studi Multiskasus di MAN 1 Kota Kediri dan MA Ma’arif Udanawu Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Abdul Malik Satari dengan Pembimbing 1) Dr. H. Nur Efendi, M.Ag dan 2) Dr. H. Asrof Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Madrasah, Aliyah, Program, Keterampilan. Penelitian dalam tesis ini berangkat dari fenomena kompetensi lulusan madrasah aliyah yang dituntut dapat bersaing dengan lulusan Pondok pesantren dalam bidang agama, dan lulusan SMA dalam bidang pengetahuan umum, disisi lain pelajaran yang diperoleh lulusan madsrasah aliyah di bidang agama masing sangat jauh dari alumni pesantren, dalam bidang pengetahuan umum masih tertinggal dari lulusan SMA. Berangkat dari sini disusunlah program keterampilan madrasah aliyah. Dalam proses perkembangannya strategi kepala madrasah sangat berpengaruh terhadap kualitas dan legalitas. Penelitian ini berfokus pada strategi kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah penyelenggara program keterampilan yang dijabarkan ke dalam tiga pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Bagaimana formulasi strategi dalam mengembangkan madrasah aliyah penyelenggara program keterampilan? (2) Bagaimana implementasi strategi dalam mengembangkan madrasah aliyah penyelenggara program keterampilan? (3) Bagaimana evaluasi strategi dalam mengembangkan madrasah aliyah penyelenggara program keterampilan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan studi multi kasus. Peneliti berperan sebagai human instrument. Penelitian di lakukan di dua lokasi, yaitu MAN 1 Kota Kediri dan MA Ma’arif Udanawu Kabupaten Blitar. Data berupa data deskritif yang dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis kasus tunggal dan analisis multi kasus. Untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan empat kriteria yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Untuk kriteria kredibilitas, peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber data dan metode, diskusi teman sejawat. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian adalah: (1) Formulasi strategi dalam mengembangkan madrasah penyelenggara keterampilan dengan dilakukan terlebih dahulu merumuskan visi dan misi melalui analisa lingkungan internal dan eksternal yang kemudian dirumuskan tujuan, target serta strategi yang akan dijalankan. (2) Teknis pelaksanaan program keterampilan diserahkan kepada koordinator program keterampilan dan sumberdaya manusia program keterampilan dengan tetap berkoordinasi dengan kepala madrasah. Strategi yang dilakukan dalammengembangkan madrasah penyelenggara keterampilan dengan Kerjasama dengan instansi lain: kerjasama dengan balai latihan kerja (BLK), mengadakan uji kompetensi keahlian siswa oleh BLK. Pilihan keterampilan wajib bagi seluruh siswa yaitu mewajibkan kepada seluruh siswa untuk mengambil program keterampilan, pilihan dilakukan ketika awal masuk bersamaan dengan memilih jurusan studi, dan kelas dibentuk dengan sistem moving kelas. Membangun citra madrasah keterampilan: mengadakan gelar karya keterampilan. Rekrutmen dan peningkatan SDM keterampilan: mengikuti MGMP keterampilan, sertifikasi keahlian pengajar keterampilan. Pemenuhan sarana prasarana program keterampilan. (3) Evaluasi strategi Evaluasi strategi MAN 1 Kota Kediri dan MA Ma’arif Udanawu dalam mengembangkan madrasah aliyah penyelenggara program keterampilan dengan menggelar rapat rutin internal guru keterampilan dan pengawasan langsung yang dilakukan oleh kepala madrasah

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1250 117 4001 ABDUL MALIK SATARI
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:59
Last Modified: 08 Feb 2021 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item View Item