STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN WARGA MADRASAH (Studi Multikasus di MTsN 2 Blitar dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan)

ARIONO, 12501174006 (2019) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN WARGA MADRASAH (Studi Multikasus di MTsN 2 Blitar dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis jengan judul “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Warga Madrasah (Studi Multikasus di MTsN 2 Blitar dan MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan)” ini ditulis oleh Ariono dengan Pembimbing 1) Dr. H. Nur Efendi, M.Ag dan 2) Dr. H. Asrop Safi‟i, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Kepala madrasah, Kedisiplinan Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kedisiplinan warga madrasah yang dianggap pilihan paling tepat untuk menanggulangi tantangan zaman yang semakin membuat kedisiplinan tergadaikan. Sebagai seorang kepala madrasah banyak langkah strategis yang dapat dilakukan guna meningkatkan kedisiplinan warga madrasah. Kepala madrasah sebagai teladan dan pemimpin lembaga pendidikan sejatinya memberikan uswatu hasanah kepada warga madrasah untuk meningkatkan kedisiplinan. Karena letak kendali di lembaga pendidikan adalah pada kepala madrasah, jika kendalinya disiplin maka yang dikendalikan juga akan disiplin. Kedisiplinan memberikan pengaruh sebagai tolak ukur berhasil atau tidaknya lembaga pendidikan. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah 1) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam mengkatkan kedisiplinan guru di MTsN 2 Blitar dan MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan? 2) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam mengkatkan kedisiplinan peserta didik di MTsN 2 Blitar dan MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan? 3) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam mengkatkan kedisiplinan tenaga kependidikan di MTsN 2 Blitar dan MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasanya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitianya adalah 1) Srategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru adalah a) kepala madrasah mengikutkan guru dalam pelatihan, seminar dan workshop. b) memperhatikan kesejahteraan guru c) pengaturan suasana kerja yang nyaman dan harmonis d) memberikan penyegaran atau refreshing. 2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik adalah a) memberikan uswah atau contoh kepada peserta didik b) memberikan reward atau penghargaan kepada peserta didik c) mengoptimalkan kegiatan ritualitas atau ubudiyah di madrasah. 3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga kependidikan adalah a) kepala madrasah melakukan pengawasan kinerja b) pengaturan suasana kerja yang nyaman c) mengikutkan pelatihan seminar atau workshop d) kepala madrasah memberikan penyegaran atau refreshing.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501174006 ARIONO
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:11
Last Modified: 08 Feb 2021 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18341

Actions (login required)

View Item View Item