PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG

RISQASSALAAMAH, 17208163004 (2020) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Analisis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Risqassalaamah, Jurusan Tadris Biologi, NIM 17208163004, dibimbing oleh M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan sekolah, Sumber belajar, kemampuan berpikir analisis, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir analisis siswa yang masih sangat rendah kareana siswa kurang terlibat aktif selama proses pembelajaran. Pembelajaran masih disajikan secara konvensional melalui ceramah dan tanya jawab satu arah saja antara guru dan siswa, sehingga menyebabkan kemampuan berpikir yang dimiliki oleh siswa semakin tidak terasah dan akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Selain itu pemilhan sumber belajar dan model pembelajaran yang digunakanpun masih kurang bervariasi hingga menyebabkan siswa cenderung bosan dan sulit ntuk menerima materi yang disampaikan. Siswa membutuhkan sumber belajar yang bervariasi serta inovasi model pembelajaran yang dirasa mampu menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta mampu merangsang kemampuan berpikir yang dimiliki oleh siswa. Oleh sebab itu, peneliti memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan harapan dapat digunakan sebagai alternatif untuk masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung (3) Mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir analisis siswa dengan hasil hasil belajar siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimen (eksperimen semu) sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung dengan pengambilan sampel jenis Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Sedangakan analisis datanya dengan menggunakan Uji t-test dan Uji Korelasi melalui bantuan aplikasi SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) ada pengaruh pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analisis siswa, ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 serta didukung dengan mean (rat-rata) pada kelas eksperimen (38 siswa) sebesar 78,03 sedangkan pada kelas kontrol (36 siswa) memiliki mean (rata-rata) sebesar 50, 67. (2) Ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa, ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 serta didukung dengan mean (rata-rata) hasil belajar pada kelas eksperimen sebsar 72,34 sedangkan pada kelas kontrol memiliki mean (rata-rata) hasil belajar sebesar 42,28. (3) Ada hubungan antara kemampuan berpikir analisis siswa dengan hasil hasil belajar siswa, ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) pada uji korelasi untuk kemampuan berpikir analisis adalah 0,000 < 0,05 dan nilai sig. hasil belajar siswa adalah 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesi dapat diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S1 17208163004 RISQASSALAAMAH
Date Deposited: 05 Feb 2021 02:48
Last Modified: 29 Apr 2021 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18265

Actions (login required)

View Item View Item